5 Fakta Persaingan HYBE, CJ, dan Kakao Akuisisi Saham Lee Soo Man di SM

Geralda Talitha - detikHot
Kamis, 05 Agu 2021 14:34 WIB
SM Entertainment
Foto: SM Entertainment
Jakarta -

Pada hari Selasa (3/8), media Hankook Kyunjae melaporkan bahwa HYBE, CJ dan Kakao Entertainment tengah bersaing untuk mengambil alih saham Lee Soo Man sebesar 18,73% di SM Entertainment. Kabarnya, siapa pun yang berhasil memperoleh saham akan mendapatkan hak manajemen SM Entertainment.

Sebelumnya, SM Entertainment menyatakan bahwa ada berbagai diskusi tentang kemitraan bisnis dan investasi ekuitas. Namun hingga saat ini belum ada keputusan lanjut mengenai hal tersebut.

Berikut faktanya:

1. Kakao Ada di Posisi Terdepan

Di antara ketiga agensi tersebut, Kakao Entertainment dikabarkan menempati posisi terdepan untuk mengakuisisi SM Entertainment. Kabarnya mereka telah mengajukan proposal terbaru untuk hak pengelolaan sekitar 2,5 trilliun KRW atau sekitar Rp 31,23 trilliun.

Diskusi tersebut dilakukan antara ketua Kakao, Kim Bum Soo, dan Lee Soo Man sebagai pemegang saham terbesar SM Entertainment.

2. CJ Entertainment dapat Mengancam Kakao

Namun, CJ ENM dianggap menjadi kuda hitam karena bisa saja mengancam peluang Kakao Entertainment untuk mengakuisisi SM Entertainment. Wakil ketua CJ, Lee Mi Kyung, telah memutuskan kembali ke Korea untuk bertemu dengan Lee Soo Man dan kemungkinan akan membahas mengenai akuisisi SM Entertainment.

3. Penawaran HYBE Lebih Tinggi daripada Kakao

Kandidat terkuat selanjutnya adalah HYBE Labels. Agensi BTS itu dikabarkan telah memberi penawaran yang lebih tinggi dari Kakao Entertainment kepada SM Entertainment.

Namun, kabarnya penawaran itu tidak berhasil lantaran telah ditolak Lee Soo Man.

4. Jumlah Akuisisi Diperkirakan Meningkat

Perwakilan industri memperkirakan bahwa jumlah akuisisi akan meningkat dari 2,5 trilliun won menjadi 4 trilliun won. Mereka juga berspekulasi, investor asing termasuk Morgan Stanley akan mencoba meningkatkan kepemilikan mereka di SM Entertainment sebelum akuisisi.

Saat ini SM Entertainment memiliki kapitalisasi pasar sebesar 1,38 trilliun won atau sekitar 1,2 milliar dolar, yang artinya hanya sepersepuluh dari kapitalisasi pasar HYBE sebesar 11,3 triliun won atau sekitar 9,9 milliar dolar.

5. Kenaikan Harga Saham SM Entertainment

Perebutan akuisisi oleh HYBE, Kakao, dan CJ nyatanya berdampak besar pada saham SM Entertainment. Kamis kemarin (04/08), hingga pukul 16.18 WIB, dilaporkan bahwa harga saham SM Entertainment telah naik menjadi 1.055 won dan sahamnya diperdagangkan pada 6.000 won atau sekitar 5,25 dolar.

Di saat yang sama, harga saham SM naik menjadi 6.400 won atau sekitar 5,60 dollar, sementara sahamnya diperdagangkan sebesar 69.100 won atau sekitar 60,44 dollar. Harga saham SM Life Design juga menunjukkan kenaikan yang signifikan. Dikabarkan harga saham SM Life Design naik 230 won atau sekitar 20 sen dan sahamnya diperdagangkan pada 3.560 won atau sekitar 3,11 dolar.



Simak Video "CJ hingga Kakao Bersaing Dapatkan Saham Lee Soo Man di SM"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)