Habis Produce 48 Terbitlah Girls Planet 999, Ini 7 Fakta Survival Show Terbaru Mnet

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 14 Jun 2021 14:26 WIB
Tiffany Young dan Sunmi jadi mentor di Girls Planet 999
(Foto: dok. Mnet) Tiffany Young dan Sunmi jadi mentor di Girls Planet 999
Jakarta -

Selamat tinggal seri Produce dan selamat datang Girls Planet 999! Mnet akan meluncurkan program survival terbarunya dan kembali berusaha mencuri perhatian masyarakat lewat persaingan trainee-trainee di layar kaca.

Acara ini akan dimulai Agustus 2021. Sebelum tayang, simak sederet fakta menariknya berikut ini:

1. Gantikan seri Produce

X1X1 Foto: X1 (dok. Twitter)

Mnet telah sukses dengan survival show mereka di seri Produce yang sempat berjalan 4 musim sebelum akhirnya berhenti lantaran skandal manipulasi voting. Produce 101 S1, Produce 101 S2, Produce 48, dan Produce X 101 sangat mencuri perhatian sepanjang penayangannya.

Kini konsep Produce tak lagi ditampilkan di TV Korea meski Mnet akhirnya bikin program yang sama di Jepang dan Tiongkok. Sementara di Korea, mereka memutuskan untuk menggunakan konsep yang sama dengan nama baru yaitu Girls Planet 999.

2. Konsep Girls Planet 999

Akan ada 99 trainee perempuan untuk memperebutkan posisi dalam sebuah girlband yang siap didebutkan Mnet dalam survival show Girls Planet 999. 99 trainee tersebut akan datang dari tiga negara berbeda yaitu Korea, Tiongkok, dan Jepang.

Konsep universe angkasa luar jadi gimmick buat acara ini. Mnet menciptakan sebuat dunia imajiner bernama Girls Planet sebagai tempat pertarungan para trainee.

3. Dibawakan oleh Yeo Jin Goo

Yeo Jin GooYeo Jin Goo Foto: ONE TV Asia.

Aktor Yeo Jin Goo hadir sebagai host buat acara Girls Planet 999. Di seri Produce sebelumnya sederet aktor dan penyanyi juga digaet sebagai host seperti Lee Dong Wook, Jang Geun Suk, Lee Seung Gi, hingga BoA.

Mnet memilih Yeo Jin Goo karena sang aktor terbilang sudah punya cukup banyak pengalaman di dunia hiburan Korea Selatan terlepas dari usianya yang masih muda. Pemeran Hotel Del Luna itu sudah jadi bintang drama Korea sejak usia kanak-kanak. Perjalanannya tak mudah karena harus melewati banyak audisi dan tak semuanya lolos.

4. Image yang berbeda

Mnet menampilkan kesan yang berbeda lewat Girls Planet 999. Dalam narasi yang disampaikan Yeo Jin Goo, meski 99 trainee akan bersaing buat debut namun atmosfer positif berusaha dimunculkan oleh Mnet. Di sini, Yeo Jin Goo akan jadi Planet Master yang memberikan dukungan buat para trainee dalam mencapai tujuan akhir mereka.

5. Dimentori oleh dua ikon girlband

[Gambas:Instagram]


Girls Planet 999 menggaet satu member girlband dan satu mantan member girlband legendaris. Mereka adalah Tiffany SNSD dan Sunmi eks Wonder Girls. Dua idola K-Pop ini adalah ikon dari girlband generasi 2 yang punya nama besar dan masih aktif berkarier hingga saat ini.

Setelah tak lagi aktif bersama SNSD, Tiffany debut di Amerika Serikat lewat sederet single dan album. Sementara Sunmi memantapkan diri sebagai solois dengan deretan single hits seperti Gashina hingga Heroine.

6. Ada referensi Sailor Moon?

Yeo Jin GooSailor Moon Foto: ONE TV Asia.

Konsep luar angkasa yang ditampilkan di Girls Planet 999 terbilang familier. Ada kesan Pretty Guardian Sailor Moon juga dalam istilah yang mereka gunakan. Salah satunya adalah Planet Guardians yang bakal memberikan dukungan pada para trainee. Konsep luar angkasa dan Planet Guardians rasanya sangat Sailor Moon banget, kan?

7. Pesona angka 9

Gugudan bubargugudan Foto: Gugudan SNS

Angka 9 seakan jadi angka keramat buat girlband K-Pop. SNSD sukses dalam formasi 9 member di awal debutnya dulu dan setelah itu sederet girlband muncul pula dengan formasi sembilan member meski tak semuanya bertahan hingga kini. Di antaranya Nine Muses, gugudan, hingga TWICE.

Terlibatnya Tiffany SNSD dalam proyek ini juga seperti menambah pesona angka 9 dalam acara Girls Planet 999. Terlebih salah satu lagu SNSD ada yang berjudul Express 999. Seperti kebetulan yang direncanakan!

(aay/wes)