Bahkan IU pun Pernah Benci Diri Sendiri, Tapi Jadikan Itu Inspirasi Lirik Lagu

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 01 Apr 2021 20:26 WIB
Behind the Scene MV IU x SUGA
Kalau kamu pernah merasa benci diri sendiri, kamu nggak sendiri. IU pernah ada di masa-masa itu dan menjadikannya inspirasi bermusik. (Foto: Dok. EDAM Entertainment)
Jakarta -

Nggak sedikit dari penyanyi K-Pop yang menggunakan musik sebagai media buat menyampaikan kekhawatiran soal hidup di usia tertentu atau bagaimana menjadi manusia yang lebih percaya diri. Buat IU, musik jadi buah dari pergulatan batin yang dialaminya menuju kedewasaan.

Beberapa tahun terakhir cara pendengar di luar Korea menikmati K-Pop sudah bukan hanya dari melodi dan beat dari lagunya. Kini tidak sedikit dari pendengar penasaran dengan makna dari lirik lagu yang dinyanyikan oleh sang idola. Sementara di negara asalnya, lagu yang hits bukan hanya karena musiknya yang mudah dicerna tapi tak jarang juga karena liriknya yang menyentuh hati pendengar sehingga mereka terhubung dengan perasaan yang ingin disampaikan sang penyanyi.

Punya label penyanyi sekaligus penulis lirik lagu, IU menyampaikan keluh kesahnya dalam lirik lagu yang dinyanyikannya. Segala kegelisahan yang dialaminya (dan juga dialami orang-orang seusianya) dituliskan dalam bait-bait lirik lagu yang kemudian jadi hits. Terlebih ketika IU sudah diberi kebebasan oleh manajemen buat memproduksi sendiri lagu-lagu di albumnya, track dinyanyikan IU jadi terasa lebih personal.

Seperti halnya orang-orang kebanyakan, IU juga melewati fase-fase goyah dalam hidupnya: perasaan benci terhadap diri sendiri, tidak tahu apa yang benar-benar diinginkannya, tidak benar-benar mengenal dirinya sendiri.

Dari kegelisahan itulah muncul lirik lagu Palette yang dinyanyikannya bersama G-Dragon yang dirilis dalam album Palette tahun 2017 lalu.

"Waktu masih muda, aku punya banyak sekali perasaan benci pada diriku sendiri. Bahkan ketika aku sudah dapat hasil yang baik, sulit rasanya untuk bisa mencintai diri sendiri. Sampai akhirnya aku berusia 25 tahun, itu seperti titik balik hidupku," kata IU dalam sebuah wawancara di acara You Quiz on the Block yang tayang belum lama ini.

Dalam lirik lagu Palette, IU menulis "kurasa sekarang aku sedikit tahu diriku sendiri". Diungkapkan olehnya, lirik itu lahir karena pada akhirnya dia bisa menerima dirinya secara utuh.

"Karena pada akhirnya aku berpikir bahwa sudah nggak ada lagi yang bisa membuatku kecewa atau terkejut pada diriku sendiri. Aku akhirnya bisa menerima kekurangan dan kelebihanku. Aku akhirnya bisa mencintai diriku sendiri," lanjutnya.

Debut di usia muda membuat IU selalu disibukkan dengan kegiatan di industri hiburan. Dia adalah salah satu penyanyi yang tidak pernah malu mengungkapkan sisi gelap dari seorang selebritas terutama soal stres dan kesulitan tidur.

Lirik lagu yang ditulis IU pernah menggambarkan kegalauan tengah malam yang dirasakannya. Atau tentang bagaimana dirinya berharap bisa tidur nyenyak seperti halnya kebanyakan orang. Lagu Through the Night adalah salah satu lagu yang inspirasinya datang dari masalah tidur yang pernah dialaminya.

Di satu masa IU pernah mengalami kesulitan tidur yang membuatnya merasa sulit mengucapkan 'selamat tidur' buat orang lain.

"Soalnya kalau ditinggal tidur oleh orang lain, aku merasa sedih. Waktu aku dan temanku berhenti bicara karena mereka tertidur, aku merasa makin sulit mengucapkan selamat tidur buat mereka. Aku mulai jarang menggunakan kata-kata itu sampai akhirnya aku berpikir, kalau orang yang aku sayang itu adalah diriku sendiri, tentu saja aku ingin diriku tidur dengan nyaman meski aku sedang susah tidur. Jadi aku menulis lirik Through the Night (terinspirasi dari pengalaman itu)," tutupnya.

(aay/doc)