Klarifikasi Mecimapro soal Refund Tiket Fanmeeting Ji Chang Wook yang Ditunda

Tim detikcom - detikHot
Senin, 29 Mar 2021 20:42 WIB
Ji Chang Wook
Mecimapro diwakilkan oleh kuasa hukumnya, Didik Siswanto, memberikan pernyataan resmi. (Foto: @jichangwook/ instagram)
Jakarta -

Promotor 2020 Ji Chang Wook Asia Fanmeeting Tour in Jakarta, Mecimapro, memberikan klarifikasi terkait keluhan fans mengenai pengembalian uang tiket. Begini penjelasan mereka:

Mecimapro diwakilkan oleh kuasa hukumnya, Didik Siswanto, memberikan pernyataan resmi, yakni sebagai berikut:

1. Mecimapro masih menunggu kepastian dari Glorious Entertainment

Apa yang terjadi di Mecimapro terkait dengan itu (pergantian jadwal/ re-schedule), itu mekanisme terus kita olah. Kita nunggu kepastian dari pihak Koreanya. Apa ini masih re-schedule? Kita juga masih menunggu keputusan dari sana. Jadi kalau memang sekiranya sudah ada kepastian, ini (pasti) akan refund, prosesnya begitu. Ini kan sudah dicicil, kan, refund. Kita kirimkan syarat dan ketentuan, ya kan.

Kita sudah update kok itu juga. Mecimapro sudah update terus dari pihak Koreanya seperti apa. Kalau memang finally-nya dari pihak Korea, "Oh ini agenda kita tunda karena nggak jelas sampai kapan ini pandemi" dan ternyata nggak bisa (lanjut) ya it's okay. Kita akan proses semuanya. Jadi begitu mekanismenya.

Untuk saat ini, terus dari Mecimapro komunikasi dengan pihak Koreanya. Dari klien saya sudah mengajukan, kita juga menunggu kepastian ini, kan gitu. Kita nunggu kepastian ini, kalau memang sekiranya sudah diputuskan nggak bisa, yaudah close (batal). Jadi klien kami juga akan melakukan proses refund, tapi dengan pola-pola yang ditentukan dengan pemberitahuan-pemberitahuan sebelumnya itu. Syarat dan ketentuan yang berlaku, jadi begitu.

2. Status fanmeeting masih re-schedule, bukan batal

Belum ada tanggapan ini tetap masih dilanjut atau memang tidak bisa, itu belum pasti. Tetap menunggu perkembangan situasi. Makanya kan, ada beberapa yang minta refund itu proses. Tapi ada yang tetep oke hold dulu nggak apa-apa. Uang tiket tetep mereka titipkan, seolah-olah, itu juga masih banyak gitu lho. Sebenarnya hanya beberapa aja yang refund. Dan itu tetap diproses tapi kan syarat dan ketentuan berlaku. Jadi sampai saat ini nunggu.

3. Soal syarat dan ketentuan penyertaan surat keterangan sakit dan bukti PHK dalam refund

Sebenarnya itu nggak berlaku seperti itu. Tapi ada alternatif urgensinya, akhirnya klien kami melunakkan atau mengendurkan syarat dan ketentuan. Contohnya pembelian. Saat beli, bukti pembeliannya itu apa, di antaranya itu kan. Nah, kalau hanya standar itu saja itu semuanya beres.

Tapi klien saya ada pertimbangan-pertimbangan yang memang ada yang kita urgensinya mana dulu yang harus kita eksekusi. Nah itu bisa jadi rujukan. Jadi kemarin seperti itu. Tapi itu nggak mutlak, itu hanya alternatif aja sebenarnya, yang, oh dari 10 orang ini mana dulu yang harus diproses. Oh ini ternyata ada alasan lain. Kenapa harus di tarik (kenapa harus refund)?

Sebenarnya bukan terhadap proses apa namanya, ada surat, bla bla bla, tidak. Karena apa, dari sebagian yang lain, dia tetap tidak refund. Jadi ketika refund ini harus ada alasan yang jelas pula. Tidak hanya sebatas, oh kami tarik (uang kami) karena apa masih re-schedule re-schedule. Tidak begitu pula.

Q: Apakah fans yang ingin tetap refund, Mecimapro tetap terbuka untuk memproses.
A:Terbuka. Buktinya kan sudah proses.

Q: Apakah fans harus melampirkan bukti surat sakit atau surat PHK?
A: Nggak perlu itu. Hanya yang kemarin itu hanya proses yang urgensinya aja. Mana dulu ini. Dari 100 orang yang refund, gitu kan, ada alasan yang mendasar (kalau hanya sebatas) oh refund-refund aja gitu. Sedangkan kami masih proses ini, sebenarnya masih proses dengan pihak Koreanya. Jangan kami sudah punya schedule kemudian kami batalkan karena sudah refund semua kami repot juga nanti.

Terkait dengan status, keabsahan tiket itu. Karena apa, prinsip kehati-hatian tetap menjadi bagian daripada kepentingan hukum klien saya kan gitu. Karena banyak, kalau soal tiket itu bisa yang beli, bisa beli model seperti itu tanpa menunjukkan kwitansi pembelian, bisa mengadakan, jadi begitu. Jadi itu klarifikasi terkait dengan langkah-langkah Mecimapro. Ada mekanisme-mekanisme, mana yang lebih bijak, itu yang kita ambil.

Q: Apakah fans masih tetap bisa refund setelah dua kali fanmeeting ditunda?
A: Masih bisa refund.

4. Mecimapro profesional (di halaman selanjutnya)

Selanjutnya
Halaman
1 2