Fans Ji Chang Wook Minta Kejelasan Soal Refund Tiket Fanmeeting yang Ditunda

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 28 Mar 2021 13:03 WIB
Ji Chang Wook
Fans Ji Chang Wook yang membeli tiket event fanmeeting sang artis yang diselenggarakan Mecimapro meminta kejelasan soal refund. (Foto: @jichangwook/ instagram)
Jakarta -

Fanmeeting aktor Korea Selatan Ji Chang Wook bertajuk 2020 Ji Chang Wook Asia Fanmeeting Tour in Jakarta adalah salah satu yang terdampak pandemi COVID-19. Event ini tadinya berencana diselenggarakan promotor Mecimapro pada Maret 2020.

Namun acara pada Maret 2020 tersebut ditunda karena kondisi COVID-19. Promotor memutuskan mengeluarkan tanggal baru buat event yang sama di 19 September 2020.

Saat mengumumkan perubahan tanggal, Mecimapro memberikan pilihan buat fans untuk refund atau menyimpan tiket yang sudah dibeli.


Sayangnya acara 2020 Ji Chang Wook Asia Fanmeeting Tour in Jakarta pun akhirnya batal digelar di tanggal 19 September 2020. Diumumkan Mecimapro pada Agustus 2020, fanmeeting ini akan dijadwalkan ulang ke tanggal yang baru yang akan diinformasikan lebih lanjut.


Di penundaan kedua ini, Mecimapro menjanjikan tiket yang sudah dibeli bisa digunakan di tanggal baru dan akan ada update. Hanya saja, Mecimapro tidak memberikan informasi mengenai refund untuk mereka yang ingin membatalkan tiket yang sudah mereka beli.

Keluhan fans yang ingin refund

Media sosial ramai dengan keluhan fans Ji Chang Wook yang ingin mengajukan refund. Tidak sedikit dari mereka mengeluh kesulitan untuk mendapatkan uang mereka kembali.

"Bulan Agustus (2020) kemarin udah tanya ke Mecima mengenai refund. Eh malah jawabnya dengan nada menyalahkan kenapa gak refund di Maret 2020. Ya kan di Maret 2020 status reschedule event Ji Chang Wook-nya jelas. Bakal diadakan September 2020. Dan lagipula kalo tahu Mecima bakal begini sih, di Maret 2020 nggak pake babibu langsung refund aja deh," tulis salah seorang fans di Twitter. detikcom sudah mendapat izin untuk mengutip cuitan tersebut.

Mecimapro sempat menjawab keluhan fans

Fans lain bernama VS menceritakan bahwa dirinya sempat berkomunikasi dengan pihak Mecimapro terkait refund.

"Saya sempat nanya ke mereka dan mereka responsnya, 'oh ini kalau refund nggak ada. Pokoknya tiket kamu otomatis berlaku untuk jadwal selanjutnya yang akan diumumkan lebih lanjut'. Nah disaat itu saya ngerasa aneh kok kita nggak dikasih opsi refund ya? Terlebih ini nggak ada tanggal pastinya lagi kapan bisa terselenggara. Terus dia (Mecimapro) bilang, 'iya karena COVID-19 kita nggak bisa mastiin'."

"Nah justru karena COVID-19 nggak bisa dipastiin, seharusnya saya punya hak untuk pilih refund dong. Nggak boleh dipaksa sepihak seperti itu. Dan (abis) itu ilang nggak dibales-bales. Sampai akhirnya karena nggak dibales-bales, dan kolom komentar IG-nya ditutup, DM nggak pernah dibales, saya cari telepon atau alamatnya. Ternyata nggak punya alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi," keluh VS.

Fans ramai-ramai kirim email ke manajemen (di halaman selanjutnya)