Koreeda Hirokazu Ungkap Alasan Gaet IU Buat Film Broker

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Rabu, 18 Mei 2022 16:40 WIB
IU, idol KPop awet muda
(Foto: dok. tvN) Koreeda Hirokazu Ungkap Alasan Gaet IU Buat Film Broker
Jakarta -

Film Broker arahan Koreeda Hirozaku akan berkompetisi di Festival Film Cannes 2022. Ini merupakan film Korea pertama dari sutradara Jepang yang sebelumnya mengarahkan Shoplifters yang menang Palme d'Or di ajang yang sama tahun 2018. Buat Broker, Koreeda Hirozaku menggaet IU sebagai salah satu pemeran utama bersama Song Kang Ho dan Kang Dong Won.

Di film Broker, IU menggunakan nama aslinya Lee Ji Eun dan memerankan karakter bernama So Young. Dalam film ini, dia dikisahkan menelantarkan anaknya namun kembali dengan alasan yang masih misterius. Namun alasan Koreeda Hirozaku menggaet IU dalam film ini bukan lagi rahasia.

"Aku benar-benar jatuh cinta pada akting Lee Ji Eun di drama My Mister," kata Koreeda Hirozaku dalam rilis resmi Festival Film Cannes 2022. Menurut sang sutradara, IU berhasil menampilkan banyak ekspresi dan emosi dalam memerankan karakternya di drama tersebut.

"Luar biasa bagaimana dia mempertahankan aktingnya sepanjang serial drama ini. Lebih-lebih lagi suara serak-seraknya yang sangat menarik di sana," lanjut dia.

Buat IU, memerankan So Young di Broker memberikan pengalaman yang berarti buatnya. Lewat karakter tersebut dan karakter-karakter lain di Broker, penonton dapat menangkap gambaran kehidupan orang-orang yang dipertemukan takdir, tak lantas langsung akrab namun mulai mengerti satu sama lain.

"Penonton mungkin saja bisa menangkap makna lain dari film ini dan itulah bagian penting dari film Broker. Ini adalah film yang perlahan menampilkan nilai berbeda dari orang-orang dengan kehidupan yang tak terlalu indah, dipertemukan, lalu mereka pelan-pelan mengerti satu sama lain," beber IU.

Koreeda Hirozaku, IU, dan pemain Broker akan menghadiri Festival Film Cannes 2022. Ajang ini sendiri sudah dibuka 17 Mei 2022 dan ditutup 28 Mei 2022 dengan pengumuman pemenang.

Selain Broker, film Korea Decision to Leave arahan Park Chan Wook juga diputar dan berkompetisi di Cannes. Sang sutradara sebelumnya dikenal lewat film-film populer seperti The Handmaiden (2016) dan Old Boy (2003). Decision to Leave diperankan Tang Wei, Go Kyung Pyi, Park Hae Il, Park Yong Woo, dan Lee Jung Hyun.

Satu film dari sutradara Korea Selatan lainnya yang ditayangkan adalah Hunt. Film ini diputar di Cannes dalam sesi Midnight Screenings. Hunt merupakan karya aktor Squid Game, Lee Jung Jae yang menjajal peran sutradara. Film ini diperankan juga olehnya bersama dengan Jung Woo Sung.

(aay/mau)