ADVERTISEMENT

Film Korea Broker dan Decision to Leave Berkompetisi di Cannes 2022

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Jumat, 15 Apr 2022 06:00 WIB
Poster film Broker dirilis. Tayang Juni 2022.
Foto: dok. CJ Entertainment
Jakarta -

Dua film Korea Selatan bakal berkompetisi di Festival de Cannes atau Cannes Film Festival tahun ini. Dua film tersebut yakni Broker dan Decision to Leave.

Festival de Cannes mengumumkan daftar film yang berkompetisi pada Kamis (14/4/2022). Pengumuman dilakukan lewat siaran langsung dan juga sederet cuitan.

Broker merupakan film yang disutradarai oleh Koreeda Hirokazu. Koreeda Hirokazu merupakan sutradara asal Jepang yang dikenal lewat film Shoplifters yang memenangkan Palme d'Or di ajang Cannes Film Festival 2018. Film yang sukses mencuri perhatian dunia tersebut dibintangi oleh Mayu Matsuoka hingga Kairi Jo.

Broker menjadi film Korea Selatan pertama dari Koreeda Hirozaku. Film ini akan dibintangi oleh nama-nama besar di Korea Selatan seperti Song Kang Ho, Kang Dong Won, IU (Lee Ji Eun), dan Bae Doona.

Sementara Decision to Leave merupakan film arahan Park Chan Wook. Sang sutradara sebelumnya dikenal lewat film-film populer seperti The Handmaiden (2016) dan Old Boy (2003). Decision to Leave diperankan Tang Wei, Go Kyung Pyi, Park Hae Il, Park Yong Woo, dan Lee Jung Hyun.

Ajang Festival de Cannes akan digelar pada 17 Mei 2022 hingga 28 Mei 2022.

Sebelumnya CJ Entertainment sudah mengumumkan penayangan Broker di bioskop. Rencananya film ini akan diputar di Korea Selatan pada bulan Juni 2022. Dengan begitu, ajang Festival Film Cannes akan jadi pemutaran pertama buat film ini sebelum tayang komersil di bioskop.

Sementara film Decision to Leave hingga saat ini belum mendapat jadwal tayang. Film yang berkisah tentang detektif dan seorang janda ini juga akan menjadikan momen Festival Film Cannes sebagai pemutaran perdananya.

Satu film dari sutradara Korea Selatan lainnya yang ditayangkan adalah Hunt. Film ini diputar di Cannes dalam sesi Midnight Screenings. Hunt merupakan karya aktor Squid Game Lee Jung Jae yang menjajal peran sutradara. Film ini diperankan juga olehnya bersama dengan Jung Woo Sung.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT