7 Hal tentang Space Sweepers, Film Song Joong Ki Bertema Luar Angkasa

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 14 Jan 2021 13:04 WIB
Space Sweepers
Space Sweepers tayang di Netflix 5 Februari 2021. (Foto: dok. Netflix)
Jakarta -

Song Joong Ki kembali ke layar lebar lewat film bertema luar angkasa Space Sweepers. Ceritanya berlatar tahun 2092 ketika Bumi nyaris tak bisa lagi dihuni.

Song Joong Ki akan menjadi awak pesawat bernama Spaceship Victory. Bersama awak lainnya mereka hidup dengan mengumpulkan sampah luar angkasa.

Setelah berhasil merebut sebuah pesawat luar angkasa yang hancur dalam misi terbaru, tim ini menemukan gadis kecil berusia tujuh tahun di dalam pesawat tersebut. Mereka pun menyadari gadis ini merupakan sebuah robot menyerupai manusia yang amat berbahaya.

Akan jadi film original Netflix, intip deretan fakta-fakta film Space Sweepers:

1. Baru rilis poster resmi

Poster film Space SweepersPoster film Space Sweepers Foto: dok. Netflix

Setelah diputuskan akan tayang jadi film original Netflix, Space Sweepers merilis poster resminya. Dalam nuansa warna galaksi, empat karakter utama dalam film ini tampil dalam poster: Song Joong Ki sebagai Tae Ho, Kim Tae Ri sebagai Kapten Jang, Jin Sun Kyu sebagai Tiger Park, dan robot militer bernama Bubs yang diperankan oleh Yoo Hae Jin).

Ditampilkan pula pesawat luar angkasa The Victory, galaksi, hingga planet-planet dalam poster. Juga benda-benda rongsokan yang menggambarkan keempat orang ini sebagai pemburu sampah luar angkasa.

"Pembersihkan luar angkasa oleh orang-orang yang tidak pernah kau lihat dan dengar sebelumnya, dimulai!" begitu tertulis di bagian tagline poster.

2. Ceritanya ditulis 10 tahun yang lalu

Ide cerita Space Sweepers datang dari sutradara Jo Sung Hee. Ternyata dia sudah mulai menulis cerita soal Space Sweepers di sekitar tahun 2010. Dalam sebuah artikel yang ditulis The Korea Times dilihat Kamis (14/1/2021), Jo Sung Hee terinspirasi menulis cerita Space Sweepers setelah obrolan dengan seorang teman soal bahaya dari sampah luar angkasa.

Lalu dia terpikir membuat cerita sekelompok orang yang mengumpulkan sampah-sampah luar angkasa tersebut dari sudut pandang orang Korea sebagai pemeran utama.

3. Dapat investasi dari Tiongkok

Demi mewujudkan visinya, Jo Sung Hee butuh biaya besar dalam hal produksi film Space Sweepers. Film yang bercerita tentang luar angkasa dan perjalanan di antariksa tentu perlu kostum hingga efek visual yang mahal.

Jo Sung Hee didukung oleh Huayi Tencent, perusahaan hiburan asal Tiongkok, yang memberikan investasi sebesar USD 4,2 juta buat film ini. Total biaya produksi yang dihabiskan untuk Space Sweepers mencapai USD 20,3 juta atau setara Rp 299 miliar!

[Gambas:Youtube]

4. Reuni sutradara dengan Song Joong Ki

Space Sweepers jadi film reuni antara sutradara Jo Sung Hee dengan Song Joong Ki. Sebelumnya mereka sudah pernah berkolaborasi dalam film A Werewolf Boy yang dirilis tahun 2012. Kabar soal Song Joong Ki akan main di film baru Jo Sung Hee sudah mencuat sejak tahun 2018.

Sutradara Jo Sung Hee kolaborasi lagi bareng Song Joong Ki usai A Werewolf Boy (2012)Sutradara Jo Sung Hee kolaborasi lagi bareng Song Joong Ki usai A Werewolf Boy (2012) Foto: dok. HanCinema

5. Debut film Korea aktor Richard Armitage

Di antara deretan aktor Korea dalam film ini, ada nama aktor Richard Armitage yang sebelumnya dikenal main dalam adaptasi film trilogi The Hobbit. Space Sweepers akan jadi film pertama Richard Armitage yang diproduksi oleh Korea Selatan. Peran aktor kelahiran 22 Agustus 1971 itu masih belum terungkap.

6. Terdampak COVID-19

Beberapa film Korea Selatan memang tayang di bioskop selama pandemi COVID-19. Namun Space Sweepers memutuskan buat menunda penayangan mereka. Tadinya Space Sweepers dijadwalkan tayang musim panas 2020, lalu diundur ke Agustus 2020, sebelum akhirnya ditunda lagi.

Lalu pada November 2020, film ini resmi akan ditayangkan eksklusif di Netflix dan bisa ditonton streaming mulai 5 Februari 2021.

7. Diadaptasi ke webtoon

Cerita Space Sweepers juga diadaptasi ke webtoon dan dirilis pada 26 Mei 2020 lewat laman webtoon Daum dan KakaoPage. Seharusnya perilisan webtoon tersebut dilanjutkan ke penayangan film di bioskop, namun sayangnya rencana perilisan harus tertunda.

(aay/nu2)