Most Wanted Hidden Gem Yogyakarta! Sourdough, Steak dan Pizza

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Jumat, 13 Mei 2022 21:12 WIB
Jakarta -

Perjalanan ke Yogyakarta membawa detikHOT menemukan apa yang diberikan label oleh warganet sebagai, 'hidden gem' atau yang secara harfiah artinya harta yang tersembunyi. Secara pergaulan, 'gem' dapat berarti banyak, salah satunya makanan.

Setidaknya ada tiga yang membuat kerap membuat antrean mengular naga panjangnya. Roti sourdough Kebun Roti, steak dari Big Belly Steak dan pizza dari Fransis Pizza. Ada kesamaan pada ketiganya yang membuat mereka 'harta' buruan, sama-sama dibuat dan dijual secara terbatas. Dalam artian, jumlah produksinya dibatasi dan dijual di hari hari tertentu saja.

Kebun Roti

Siane CarolineSiane Caroline Foto: dok Siane Caroline

Kebun Roti didirikan pada 2014 oleh Siane Caroline. Pada tulisan yang lain, dia juga dikenal sebagai DJ Pink Cobra dari kelompok Pirincipal of South. Ternyata, tidak hanya populer sebagai partygoers, dirinya juga dianggap sebagai pelopor roti sourdough di Yogyakarta. Berangkat dari membuat roti gandum untuk teman-teman olahraganya di pusat kebugaran, kemudian bertransformasi menjadi sourdough.

"Kebun Roti itu sebenarnya mulai dari ketidaksengajaan. Jadi, aku punya alergi makanan. Aku suka roti, kue, kalau aku makan dari luar itu gatal-gatal di sekitar leher dan dada. Kadang parah, kadang nggak. Terus aku bikin sendiri dan aman. Karena aku pilih bahannya yang bagus-bagus, telurnya free antibiotik. Dari situ kalau tiap olahraga aku bawa, teman-teman pada nanyain dan mau, lama-lama pada pesan. Akhirnya aku titip jualan di gym. Dari satu tempat, lima tempat, jadi 20 tempat."

"Di perjalanan itu, aku sering update jenis-jenis roti, kalau ke luar negeri coba-coba. Ketemu sourdough ini. Enak banget dan di Yogya belum ada. Karena suamiku suka bertani, dia bikin pupuk sendiri. Terus aku minta bikin bahannya dari mikroba alami, dibikin dari buah, sayur gitu. Percobaan pertama berhasil, terus lanjut bikin sampai sekarang."

Sempat tidak laku sama sekali karena dianggap tak biasa, kini Kebun Roti lari manis di pasaran. Roti sourdough-nya kemudian diolah ke berbagai format, donat, roti isi sampai pizza, yang semuanya berbahan alami dan sehat. Jika ingin merasakan, Kebun Roti berjualan setiap hari Kamis di Pasar Kamisan, semacam bazar yang menjual ragam makanan sehat. Dia juga membuka outlet rumahan. Namun, karena baginya kualitas lebih penting dari kuantitas, maka siapa cepat di dapat.

"Kalau sudah habis, ya sudah. Besok lagi," katanya santai sembari tertawa.

Sebagai pelaku, Ane cukup takjub dengan tren makanan sehat di Yogyakarta yang menggeliat. Dia mengatakan, selain pasar dan komunitas khusus, sampai pernah ada kegiatan wisata khusus makanan sehat.

"Healthy food di Yogya sudah komunal lah ya. Dulu gila banget, 2014-2019 gitu ramai banget. Serius deh, meledak. Sampai ada yang buat travel khusus healthy food, datang ke Pasar Kamisan rombongan gitu. Segila itu! Selebriti juga banyak yang jauh-jauh datang ke sini, kayak Vino G. Bastian gitu," cerita Ane antusias.

Sekarang, roti sourdough milik Ane tidak akan lagi dianggap aneh, justru menjadi pemicu pertumbuhan komunitasnya. Tidak hanya mereka yang alergi, penikmatnya pun lebih umum ke anak muda, hingga keluarga.

"Mungkin bisalah aku dibilang inisiator. Tapi karena nggak sengaja. Tapi nggak apa-apa, bonusnya lifestyle jadi sehat," pungkasnya tersenyum.

Selanjutnya, Big Belly Steak