detikHot

culture

Ajip Rosidi Meninggal, Nadiem hingga Anies Baswedan Kirim Karangan Bunga

Kamis, 30 Jul 2020 11:37 WIB Eko Susanto - detikHot
Susana Rumah Duka Sastrawan Ajip Rosidi di Magelang, Jawa Tengah Nadiem Makarim hingga Anies Baswedan mengirimkan karangan bunga Foto: Eko Susanto/ detikcom
Magelang -

Kepergian budayawan Ajip Rosidi membawa duka mendalam bagi pencinta sastra. Ajip Rosidi meninggal di usia 82 tahun.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, mengirimkan karangan bunga. Selain itu, ada Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi, karangan bunga antara lain dari Rektor serta sivitas akademika Universitas Negeri Yogyakarta. Kemudian, dari Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran, ada juga dari pengurus KASI Pusat.

Para pelayat mulai berdatangan di rumah duka Dusun Pabelan 1, Desa Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Salah satu putri Ajip Rosidi, Titis Nitiswari mengatakan, jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga. "Di pemakaman keluarga," katanya di rumah duka, Kamis (30/7/2020).

Sementara itu, para santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Pabelan, Kabupaten Magelang, menyalat di rumah duka sastrawan Ajip Rosidi. Selain melayat, para santri juga menyalatkan.

Susana Rumah Duka Sastrawan Ajip Rosidi di Magelang, Jawa TengahSusana Rumah Duka Sastrawan Ajip Rosidi di Magelang, Jawa Tengah Foto: Eko Susanto/ detikcom

Berdasarkan pantauan, di lokasi saat ini para pelayat mulai berdatangan di rumah duka. Adapun rumah duka berada di Dusun Pabelan 1, Desa Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jateng.

Terlihat pula para santri dari Ponpes Pabelan yang datang di rumah duka. Kedatangan para santri ini untuk melayat dan melayatkan.

"Dari Pondok Pabelan. Jadi putri pertama Pak Ajip, namanya Hj Nunun Nuki Aminten, itu kan salah satu istri pengasuh di Pabelan. Istrinya Pak Ahmad Mustofa, pengasuh Ponpes Pabelan saat ini. Jadi otomatis santrinya pada datang ke sini, " kata salah satu staf Ponpes Pabelan Citradi saat ditemui di rumah duka, Kamis (30/7/2020).

Citradi yang juga cucu Ajip Rosidi menambahkan, para santri datang melayat secara bergantian. Yang datang awal adalah santriwati, kemudian menyusul santriwan.

Suasana Rumah Duka Sastrawan Ajip Rosidi di Magelang, Jawa TengahSuasana Rumah Duka Sastrawan Ajip Rosidi di Magelang, Jawa Tengah Foto: Eko Susanto/ detikcom

"Ini datang gantian. Tadi yang perempuan. Dari dulu Pak Aki di Pabelan. Karena anaknya di Pondok Pabelan, jadi rumahnya juga di Pabelan," tuturnya.

Dirawat di RSUD Tidar Kota Magelang sejak 23 Juli 2020, Ajip Rosidi meninggal dunia pada 29 Juli 2020 pukul 22.30 WIB.

Ajip Rosidi meninggalkan seorang istri Nani Wijaya yang dinikahi di Cirebon pada 2017. Ajip Rosidi juga meninggalkan 6 putra/putri, 11 cucu, dan 4 cicit dari pernikahan sebelumnya.




Simak Video "Bikin Karya tentang Rasulullah, Impian Ajip Rosidi Sebelum Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Ajip Rosidi Meninggal
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com