detikHot

culture

Mengenang Mohamad Sunjaya, Jurnalis dan Penghidup Teater Indonesia

Sabtu, 15 Feb 2020 18:19 WIB Yudha Maulana - detikHot
Pemakaman maestro teater Muhamad Sunjaya (Yudha Maulana/detikcom) Foto: Pemakaman maestro teater Muhamad Sunjaya (Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Mohamad Sunjaya, atau yang akrab disapa Kang Yoyon, merupakan seorang tokoh seni teater dan jurnalis radio yang jenius. Ia kerap mengkritik pemerintah dengan satir yang menggigit di udara.

Sayup-sayup suara Yoyon kembali terngiang di kepala Soeryono Adi Sapoetro. Ia ingat betul, ketika bosnya yang idealis itu merobek-robek naskah berita radio buatannya sambil mencak-mencak.

"Hmm bau rokok!" kata Soeryono sambil menirukan gaya bosnya itu.

Istilah 'bau rokok' sering dilontarkan Yoyon, tujuannya buat menyindir para wartawan yang menerima amplop atau istilahnya 'tukar kliping' ke narasumber.

"Dia seperti punya feeling kalau ada wartawan yang menerima uang. Sesibuk apapun dia pasti selalu mengoreksi naskah, kalau curiga, dia bilang 'bau rokok'," ucapnya sambil tersenyum simpul.

"Tak sampai situ, pak Sunjaya juga langsung kroscek ke humas. Betul nggak wartawannya terima amplop," ujar Soeryono.

"Makanya ketika banyak wartawan antre buat amplop, saya dan Her Suganda dari Kompas nggak berani terima, nanti bakal diperiksa Pak Yoyon," tambah Soeryono.

Ia mengatakan, semua saluran radio swasta pada 1970-an, wajib me-relay siaran berita dari Radio Republik Indonesia (RRI) setiap jam. Namun, Yoyon berhasil menembus batas-batas itu dengan caranya sendiri.

Photo Gallery
Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Eksekusi Lahan untuk Rumah Deret Tamansari, Satpol PP-Pemuda Bentrok"
[Gambas:Video 20detik]

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com