5 Pesan Keluarga Erina Gudono pada Kaesang: Jadikan Istri Pertama dan Terakhir

ADVERTISEMENT

Round-Up

5 Pesan Keluarga Erina Gudono pada Kaesang: Jadikan Istri Pertama dan Terakhir

Tim Detikhot - detikHot
Sabtu, 10 Des 2022 05:30 WIB
Jakarta -

Jelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono hari ini, ada banyak serangkaian acara adat hingga prosesi yang berlangsung sejak beberapa hari terakhir. Di malam midodareni, Kaesang tidak boleh melihat wajah calon istrinya.

Tapi Kaesang bersama keluarga besarnya hanya berjumpa dengan pihak Erina Gudono. Dalam kesempatan itu, keluarga Erina punya 5 pesan atau wejangan wajib kepada Kaesang sebelum pernikahan.

Wejangan itu disampaikan oleh perwakilan keluarga Erina, yakni Abdul Muhaimin yang mengenakan beskap dan baju adat Jawa berwarna ungu tua.

"Catur weda Ananda Kaesang Pangarep setelah Ananda beristri maka sikap dan tingkah laku Ananda harus lebih dewasa dan bertanggung jawab untuk menjadi seorang suami yang baik," buka Abdul Muhaimin seperti disiarkan Live dalam YouTube Presiden Jokowi.

Abdul Muhaimin melanjutkan, "Demikian juga Ananda Erina Sofia Gudono harus menyadari bahwa ia telah mempunyai pendamping dalam hidupnya."

"Oleh karena itu dalam bertindak agar sebagai istri yang baik. Demikian pula sebaiknya seorang suami harus menghargai istrinya. Dua, secara lahir dan batin, Ananda supaya selalu berbakti kepada mertua sebagaimana kepada orang tua sendiri karena kami pun sudah menganggap Ananda sebagai anak sendiri," lanjutnya.

Dalam wejangan ketiga, keluarga Erina Gudono meminta agar dalam hidup bermasyarakat Kaesang wajib menjaga sikap dan perilakunya, serta patuh kepada hukum dan etika yang berlaku di Indonesia.

"Tiga, dalam hidup di masyarakat Ananda wajib menjaga sikap dan perilaku serta patuh kepada hukum dan etika sebagaimana yang berlaku dalam masyarakat dan Ananda akan dihormati oleh sesama warga masyarakat. Apabila Anda dihormati dan dicintai oleh semua orang baik di lingkungan kerja maupun lingkungan masyarakat Insyaallah segala usaha untuk mendapatkan tujuan hidup dapat dicapai dengan lancar," tegasnya.

Wejangan keempat adalah taatilah dan jalankanlah apa yang diajarkan oleh agama Islam yakni jangan meninggalkan salat.

"Jalankan pula rukun dan syariat Islam dan jauhi seluruh larangannya. Insyaallah kalian akan menjadi keluarga sakinah mawadaah warahmah dan selamat serta bahagia dunia dan akhirat," ucap Abdul.

"Terakhir, terimalah Ananda Erina apa adanya, terimalah ia dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Terimalah ia dalam mudanya dan tuanya, dalam sehat dan sakitnya. Bimbinglah ia untuk menuju rumah tangga yang bahagia. Jadikanlah ia, istri pertama dan terakhirnya sampai akhir hayat," tegasnya menutup isi lima wejangan tersebut.

Sebelumnya, mewakili keluarga besar Kaesang yakni Gibran Rakabuming menitipkan adik bungsunya kepada pihak Erina Gudono setelah menyerahkan peningset sebagai tanda tali kasih.

"Saya menyerahkan calon mempelai putra Ananda Kaesang Pangarep untuk melaksanakan nyantrik," ucap Gibran.

Dia pun melanjutkan, "Kebahagiaan bagi kami apabila bapak ibu berkenan menerimanya atas kesediaannya dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih," tutur Gibran seperti dikutip dari detikJateng.

Kaesang dan Erina bakal melangsungkan akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo pada Sabtu (10/12) pukul 10.00 WIB. Kemudian dilanjutkan acara tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina di Solo pada Minggu (11/12).

(tia/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT