Pernikahan Erina Gudono 'Pecah Telur' Keluarga Akhirnya Mantu

ADVERTISEMENT

Pernikahan Erina Gudono 'Pecah Telur' Keluarga Akhirnya Mantu

Desi Puspasari - detikHot
Jumat, 09 Des 2022 15:27 WIB
Erina Gudono dan Ibu Sofiatun Gudono saat acara semakan Al-Quran di kediaman Erina Gudono di Sleman, Kamis (8/12/2022).
Keluarga pecah telur Erina Gudono menikah, akhirnya mantu. Foto: dok. Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina
Jakarta -

Allen Adam Gudono dan Nadia Sofia Gudono adalah dua kakak yang dilangkahi oleh Erina Gudono. Pernikahan Erina Gudono jadi acara pertama yang digelar oleh keluarganya.

Pernikahan Kaesang dan Erina adalah acara mantu terakhir yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dan Iriana. Sedangkan untuk keluarga Erina ini adalah pernikahan pertama yang digelar oleh keluarga mereka.

Menandakan ini keluarga Erina Gudono baru pertama kali menikahkan anak perempuan mereka, maka menggelar cethik geni. Prosesi diawali dengan majang tarub dan pemasangan beleketepe tuwuhan dan bucalan. Baru setelah itu baru melakukan adang sepisan dan cethik geni.

Cethik geni adalah membuat dapur tradisional di depan rumah si pemilik hajat yang baru pertama kali menikahkan anak mereka. Dilansir dari 20 detik di depan rumah Erina Gudono

"Bentuknya seperti dapur kuno gitu dipasang di depan rumah. Nanti akan ada kuningan, akan ada kayu-kayu untuk cethik geninya. Geni itu kan api. Nyentik api gitu," jelas Anjas Larasati, Owner Larasati Dekorasi di kediaman Erina Gudono.

"Bahwa menandakan ini adalah upacara hajat mantu pisanan perempuan pertama. Nanti yang nyentik bapak atau yang mewakili," jelasnya.

Hari ini, Erina Gudono menjalani upacara langkahan. Erina bersimpuh di depan kedua kakaknya Allen Adam dan Nadia Sofia Gudono.

Erina terlihat meneteskan air mata saat minta izin menikah melangkahi kedua kakaknya itu.

"Mas Allen dan Mbak Nadia yang saya hormati. Erina mohon maaf karena Erina mendapatkan jodoh terlebih dulu. Besok siang hari Sabtu, 10 Desember 2022 Erina akan melaksanakan akad nikah dengan Mas Kaesang. Mohon doa restu dari Mas Allen dan Mbak Nadia. Agar akad nikah Erina berjalan lancar sesuai dengan yang kita harapkan," ungkap Erina sambil menangis.

Bergantian, Allen Adam dan Nadia memberikan restu dan izin kepada Erina untuk menikah mendahului mereka. Mereka ikhlas lahir dan batin melihat Erina menikah.

"Adikku Erina yang Mas sayangi. Mas ikhlas lahir batin, semua itu sudah jadi suratan takdir bahwa kamu mendapat jodoh terlebih dulu. Doaku semoga pernikahan kamu yang akan dilaksanakan besok berjalan lancar sesuai harapan kita bersama," ucap Allen Adam.

"Adikku Erina yang Mbak nadia sayangi. Mbak Nadia ikhlas lahir batin semua itu sudah jadi suratan Erina mendapatkan jodoh terlebih dulu. Doaku semoga pernikahan Adik yang akan dilaksanakan besok bisa berjalan lancar sesuai harapan kita bersama," kata Nadia.

Kemudian Erina melakukan sungkeman kepada ibunda, Allen Adam, dan juga Nadia Sofia Gudono. Dalam prosesi ini Erina Gudono juga menyerahkan pelangkah.



Simak Video "Pesan Ma'ruf ke Kaesang-Erina: Tiada yang Sempurna, Terimalah Apa Adanya"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT