Cerita Yama Carlos Pernah Tinggal Serumah dengan Pengidap HIV/AIDS

ADVERTISEMENT

Cerita Yama Carlos Pernah Tinggal Serumah dengan Pengidap HIV/AIDS

Muhammad Ahsan Nurrijal - detikHot
Minggu, 04 Des 2022 10:06 WIB
yama carlos
Cerita Yama Carlos Pernah Tinggal Serumah dengan Pengidap HIV/AIDS. (Foto: Muhammad Ahsan Nurrijal)
Jakarta -

Aktor peran Yama Carlos mengaku pernah tinggal satu rumah bersama pengidap HIV/AIDS selama tiga tahun lamanya.

"Kami berteman tiga tahun. Dia nginep di tempat saya, seranjang dengan orang yang mengaku kena HIV," kata Yama Carlos saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

"Kami berteman dari 2008, dia berpulang 2011," ujarnya melanjutkan.

Awalnya, ia tak mengetahui temannya mengidap HIV/AIDS. Yama Carlos mengaku kaget saat pertama kali mengetahui hal tersebut.

"Memang pada awalnya dia mengaku pas setelah proses syuting film. Beberapa dari kami kaget dan kecewa, kenapa nggak bilang dari awal," tutur Yama Carlos.

Setelah diberikan penjelasan mengenai hal tersebut, Yama Carlos merasa menjadi lebih aman saat tinggal bersama temannya tersebut.

"Dia punya alasan sendiri, dia juga menjelaskan bekas urine atau gelas atau sendok itu nggak masalah," terang Yama Carlos.

"Asalkan mulut kita nggak berdarah atau sariawan. Selama nggak itu aman-aman saja," sambungnya.

Yama Carlos sendiri berperan sebagai pengidap HIV/AIDS dalam film pendek terbarunya yang berjudul Seperti Seharusnya. Demi mendalami karakter, ia selalu mengingat pengalaman tinggal bersama teman pengidap HIV/AIDS yang kini telah tiada.

"Jadi, teman saya itu sama karakternya dengan yang saya perankan. Itu dia terinfeksi saat ada di dalam," ujar Yama Carlos.

"Saya seperti si Reza ini, akibat gaya hidup, lihat lagi referensi dari teman saya yang sudah berpulang, akhirnya saya masukkan ke jasmani syuting," sambungnya.

Yama Carlos mengimbau agar kita jangan pernah mengucilkan para pengidap HIV/AIDS. Karena pada dasarnya, lanjutnya, sesama manusia harus saling menjaga.

"Pada dasarnya mereka juga sama kok, hidup bergaul, mendapatkan pekerjaan, dilindungi dan dihargai. Semuanya sama, tinggal saling menjaga saja," pungkasnya.



Simak Video "Antusiasme Sheilagank Jelang Konser Sheila On 7 di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(ahs/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT