Film Seperti Seharusnya Dirilis Untuk Peringati Hari AIDS Sedunia

ADVERTISEMENT

Film Seperti Seharusnya Dirilis Untuk Peringati Hari AIDS Sedunia

Muhammad Ahsan Nurrijal - detikHot
Jumat, 02 Des 2022 08:25 WIB
Putri Ayudya
Dibintangi Putri Ayudya, Film Seperti Seharusnya Dirilis Untuk Peringati Hari AIDS Sedunia. (Foto: Miguel Bueno/ Komunitas Salihara)
Jakarta -

Tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia setiap tahunnya. Demi menyambutnya tahun ini, Jaringan Indonesia Positif tema merilis film pendek yang berjudul Seperti Seharusnya.

Film ini disutradarai oleh Aroe Ama. Seperti Seharusnya dibintangi oleh sederet artis-artis papan atas Tanah Air, seperti Putri Ayudya, Yama Carlos, Abirama Putra, hingga Delia Husein.

Film pendek ini pertama kali ditayangkan di CGV Cinema Pacific Place, Jakarta Pusat, kemarin. Sebagai informasi, film pendek ini juga mengkampanyekan pengetahuan mengenai penyakit HIV/AIDS yang penderitanya seringkali dikucilkan di masyarakat.

Putri Ayudya sedikit membahas tentang perannya sebagai Sukma dalam film yang disutradarai Aroe Ama ini.

"Sukma itu adalah orang yang menderita dengan HIV yang sudah menerima (penyakit itu) dan sudah berpengetahuan," kata Putri Ayudya saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Yama Carlos sebagai lawan main Putri Ayudya juga memerankan karakter pengidap HIV/AIDS. Ia mengaku karakter itu dipelajari melalui pengalamannya berteman dengan orang yang pernah mengalami hal serupa.

"Hal ini bukan yang baru buat saya. Saya mengalami berteman dan kami berteman 2008, beliau berpulang 2011. Main bareng, nginep dengan teman saya itu, orang dengan HIV," terang Yama Carlos.

"Nah kebetulan teman saya sama dengan karakter Reza. Dia terinfeksi (HIV/AIDS) ada di dalam. Nah sama seperti Reza akibat gaya hidup dan lifestyle. Ya sudah saya masukkan ke jasmani syuting," jelasnya.

Film pendek Seperti Seharusnya tayang dengan durasi sekitar 30 menit. Yama Carlos berharap dengan adanya film ini bisa membuka perspektif orang-orang tentang penyakit HIV/AIDS.

"Kami harapkan semoga lewat film ini masyarakat pada umumnya dapat informasi tentang HIV/AIDS. Buat kita semua, ayo hidup berdampingan, kita rangkul mereka (yang terkena HIV/AIDS)," pungkas Yama Carlos.



Simak Video "Lihat Kesuksesan Korsel, Makassar Dorong Sineas Lokal untuk Berkarya"
[Gambas:Video 20detik]
(ahs/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT