Kata Ustaz: 5 Penyebab Laki-laki Tega Menyakiti Perempuan

ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: 5 Penyebab Laki-laki Tega Menyakiti Perempuan

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 05 Okt 2022 06:00 WIB
Ustaz Ahmad Khan
Ustaz Ahmad Khan dan penjelasan penyebab laki-laki bisa tega menyakiti perempuan. Foto: dok. Channel Youtube Islam Itu Indah
Jakarta -

Wanita adalah makhluk Allah SWT yang mulia. Tidak ada satu alasan pun yang dibenarkan laki-laki boleh mengasari dan menyakiti hati wanita.

Melihat apa yang dialami oleh Lesti Kejora terasa pilu. Di mana seorang istri harusnya mendapatkan kasih sayang dan perlindungan, justru mendapat perlakuan kasar dari Rizky Billar, sosok suami yang harusnya menjadi pelindung.

Kata Ustaz mengambil nasihat dari Ustaz Ahmad Khan tentang penyebab seorang laki-laki bisa tega menyakiti dan mempermainkan hati wanita. Ternyata ada 5 faktor yang mempengaruhi, termasuk karena lemah iman, jauh dari majelis ilmu dan ulama, suka meremehkan dosa, tidak takut dengan azab, dan tidak paham bagaimana memuliakan wanita.

Berikut penjelasan lengkap Ustaz Ahmad Khan:

Bagaimana seorang lelaki mampu memainkan perasaan wanita? Bahwasannya disebabkan karena beberapa hal. Pertama disebabkan karena lemahnya iman. Seorang lelaki ketika lemah imannya maka dia cenderung melakukan perbuatan dosa dan mempermainkan hati wanita, termasuk pada salah satu perbuatan dosa.

Di dalam satu perkataan Al Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyyah, beliau mengatakan, 'Tidak akan berkumpul di dalam hati seorang mukmin antara keimanan dan kemaksiatan.' Maka ketika ada seorang yang beriman maka dia tidak akan bermaksiat. Ketika dia dalam keadaan bermaksiat maka di hatinya dalam keadaan sedang tidak beriman.

Faktor kedua, biasanya disebabkan karena jauh dari majelis ilmu dan ulama. Dalam satu hadis baginda Rasul Nabi Muhammad SAW bersabda dalam kitab Nashaihul Ibad karangan Imam Nawawi, 'Hendaknya kalian mendengarkan nasihat para ulama, duduk bersama para walinya Allah SWT. Hadiri majelis-majelis mereka karena sesungguhnya ilmu yang kalian dengarkan di majelis ulama bisa menghidupkan hati yang mati, sebagaimana menghidupkan tanah-tanah yang mati itu dengan air hujan.

Kalau kita tidak duduk di majelis ilmu, tidak mendengarkan nasihat para ulama, maka hati ini bisa mati. Dan, itu penyebab seseorang bisa mempermainkan hati wanita.

Faktor ketiga, biasanya disebabkan karena suka meremehkan dosa. Di dalam satu hadis yang datang daripada Sahl bin Said, 'Hati-hatilah kalian jangan pernah meremehkan perbuatan dosa.' Orang yang suka meremehkan perbuatan dosa maka dia menganggap mempermainkan hati wanita adalah perkara yang biasa. Padahal itu perbuatan yang bisa menyakiti hati orang lain dan termasuk perbuatan kezaliman, dan kezaliman tidak dibenarkan dalam syariat baginda Rasul Nabi Muhammad SAW.

Kata Rasulullah SAW, 'Kezaliman itu adalah kegelapan di dalam kubur dan kegelapan di hari kiamat.' Maka sudahi perbuatan mempermainkan hati dan perasaan wanita maka seriuslah dengan perempuan yang engkau nikahi.

Faktor keempat menyebabkan seorang lelaki bisa mempermainkan wanita, itu disebabkan karena mereka tidak takut dengan azab Allah SWT.

Allah SWT berfirman di dalam Al Quran, 'Mereka menganggap diri mereka itu selamat dari pada azabnya Allah SWT. Sesungguhnya tidaklah seseorang yang merasa dirinya selamat dari azab Allah, kecuali mereka adalah golongan orang-orang yang merugi.' Karena mereka tidak takut dengan azab Allah SWT akhirnya mereka berbuat dosa dan mempermainkan perasaan wanita.

Penyebab terakhir, itu karena mereka tidak paham memuliakan wanita. Kata ulama, 'Tidaklah seseorang itu memuliakan wanita kecuali dia orang yang mulia. Dan tidaklah seorang lelaki menghinakan dan mempermainkan seorang wanita kecuali dia juga laki-laki yang hina.'



Simak Video "Seputar Teddy Syah yang Menikah Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT