ADVERTISEMENT

Rainier Hardjanto, Inovator NFT untuk Donasi Raih Rekor MURI

Mauludi Rismoyo - detikHot
Rabu, 21 Sep 2022 11:43 WIB
rainier hardjanto
Rainier Hardjanto, Inovator NFT untuk Donasi Raih Rekor MURI. (Foto: dok pribadi)
Jakarta -

Museum Rekor-Dunia Indonesia alias MURI baru saja menganugerahkan sebuah inovasi cerdas pengembangan teknologi demi kemanusiaan dari sosok pelajar SMA bernama Rainier Wardhana Hardjanto. Seperti apa kisah di balik itu?

Bermula saat pelajar British School Jakarta itu pada 3 tahun lalu berkunjung ke yayasan yang menampung orang-orang berkebutuhan khusus dengan kondisi yang memprihatinkan. Namun, Rainier melihat mereka tetap bisa gembira dan tulus.

Dari situ, ia yang tergugah hatinya untuk membantu akhirnya tercetus ide untuk menyumbangkan 9 lukisan NFT miliknya dalam acara Lelang Amal untuk membangun sebuah training centre bagi anak-anak down syndrome.

Secara langsung hal itu menjadikan dirinya sebagai pendiri NFT amal pertama di Indonesia yang berhasil menciptakan media donasi baru untuk membantu para penyandang disabilitas.

"Semua program yang diluncurkan hanya membantu anak spesial (disabilitas) untuk mandiri dalam kegiatan sehari-hari. Tapi belum ada yang membantu mereka untuk mengembangkan kompetensi sesuai kemampuan mereka," ujar Rainier.

Atas gebrakan luar biasa itu, Rainier pun didaulat mendapat rekor MURI. Penyerahan piagamnya diberikan langsung oleh sang pendiri, Jaya Suprana.

Menanggapi inovasi ciptaan Rainier, Jaya Suprana mengaku turut bangga. Baginya, itu dapat menjadi tolok ukur kemajuan bangsa Indonesia untuk dapat bersaing di dunia digital global.

"Kami bangga hari ini bertemu dengan orang hebat, orang kreatif dan tangguh yang bermanfaat untuk kemajuan bangsa," kata Jaya Suprana di Galeri MURI Jakarta.

"Indonesia butuh orang-orang seperti yang terpilih hari ini, supaya bangsa kita tidak ketinggalan bangsa lain," sambungnya.

Perlu diketahui bahwa Non-Fungible Token (NFT) sendiri ialah aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai tukar yang tak bisa diubah. Data transaksinya akan tercatat di blockchain yang berisi informasi tentang pencipta, harga, dan histori kepemilikan aset NFT.

Rainier bekerja sama dengan komunitas bernama Art and Me Indonesia untuk menyalurkan karya seni teman-teman disabilitas dengan talenta yang luar biasa dan unik.

Rainier juga mengaku akan semakin gencar memberikan bimbingan dengan mengolah beragam metode yang pas demi bisa mengembangkan potensi dan talenta seni yang mereka punya.

"Dengan menciptakan karya seni di rumah maupun di panti asuhan dan SLB, saya mengharapkan para saudara spesial dapat berkembang ke tingkat yang berbeda," tutur Rainier

"Karena itu, saya selalu membantu melakukan pengajaran dan bimbingan ke panti asuhan maupun SLB , agar para saudara disabilitas ini bisa mendapatkan pengajaran dan metode tepat untuk mengembangkan potensi dan talenta seni yang mereka miliki," lanjutnya.

Rainier menegaskan donasi bantuan disalurkan secara baik ke orang yang benar-benar membutuhkan. Sebelumnya ia juga mengajak Wulan Guritno kolaborasi dalam acara peduli sesama.

"Artnme memiliki fokus pada anak-anak disable dan panti asuhan. Dan selama ini, Artnme telah berhasil menarik simpati dari beragam kelompok, sehingga mampu mengumpulkan bantuan hingga Rp 550 juta yang sudah disalurkan pada pihak yang membutuhkan," pungkasnya.



Simak Video " Penampakan Peserta Senam Hybrid PDIP yang Cetak Rekor Muri"
[Gambas:Video 20detik]
(mau/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT