ADVERTISEMENT

Istirahat Syuting, Susan Sameh Bantah Masih Trauma Jadi Korban Pelecehan

Desi Puspasari - detikHot
Kamis, 18 Agu 2022 08:07 WIB
Susan Sameh (Hanif/detikcom)
Susan Sameh istiraat syuting tegaskan bukan karena pernah alami pelecehan. Foto: Susan Sameh (Hanif/detikcom)
Jakarta -

Susan Sameh saat ini istirahat syuting. Keputusannya itu diduga karena dirinya masih trauma setelah menjadi korban pelecehan seksual.

Di sela-sela kegiatannya berbagi di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3, Rabu (17/8/2021) Susan Sameh menjelaskan soal dirinya untuk sementara istirahat syuting. Itu dia lakukan karena ingin pergi ke Mesir, kampung halaman sang ayah.

"Nggak sih (bukan karena pelecehan). Aku tuh emang rutin setahun sekali harus pulang ke Mesir, karena aku harus ketemu Papi aku, semua harus aku temuin," ucap Susan Sameh.

"Kebetulan karena kemarin COVID, jadi nggak sempat untuk datang ke Mesir. Mumpung aku udah padatin (kerjaan) selama COVID dengan syuting terus dua tahun sekarang aku bilang sama manajer aku kayaknya kita harus libur 4 atau 5 bulan, untuk aku ketemu keluarga di sana," jelasnya.

Susan Sameh mengatakan setidaknya dia bisa ziarah ke makam kakek dan neneknya. Kakek dan nenek Susan Sameh berpulang ketika COVID melanda sehingga dia tak bisa menghadiri pemakaman.

"Seenggaknya aku bisa ketemu ke makam nenek kakek aku. Karena nenek kakek aku meninggal pada saat COVID jadi aku nggak bisa datang," ucapnya.

Justru setelah mengalami tindak pelecehan seksual saat syuting, membuat Susan Sameh yakin harus bisa melawan. Sempat terpuruk, tapi jangan sampai hal itu membuat semuanya hancur.

"Kalau buat vakum di dunia entertaint, nggak. Bukan karena ada pelecehan seksual jadi berhenti juga. Dengan aku mengalami pelecehan seksual di lokasi syuting bukan berarti aku yang malah jadi nge-down dan setop," tuturnya.

"Malah yang kayak gitu harus kita lawan. Kita yang harus punya sikap bahwa nggak boleh ada yang kayak gitu, jadi jangan kita-nya yang kalah," tegas Susan Sameh.

Rasa trauma Susan Sameh saat itu hanya dirasakan selama 3 hari. Ketika itu dia sama sekali tak bisa bicara di lokasi syuting. Susan Sameh saat itu merasa bingung harus berbuat apa.

"Bingung mau ngomongnya gimana, orang akan nyalahin aku apa nggak, terus pada saat aku ngomong orang akan percaya sama aku nggak ya, kan nggak ada bukti, dilihat CCTV ternyata mati. Oh ya sudah paling tidak aku sudah ngomong, orang mau percaya apa nggak silahkan, tapi mereka sudah tahu kenapa aku sikapnya berubah, jadi insecure, mereka harusnya sudah tahu," ucap Susan Sameh.

Pelecehan seksual yang dialami Susan Sameh di lokasi syuting saat itu memang bukan yang mengalami sentuhan secara langsung. Tapi, ada pelecehan secara verbal yang didapat Susan Sameh.

"Waktu itu aku di lokasi syuting baru selesai take, lagi jalan di lorong di situ ada sekitar 5 sampai 6 orang ya cowok-cowok kru gitu," ceritanya.

"Sebenarnya nggak nyentuh atau gimana, cuma cat calling gitu, kayak 'Si montok', tapi jujur itu pertama kali aku ngerasa mental aku kena. Dan di situ aku mikir oh ternyata gini ya jadi cewek-cewek yang alami cat calling dan mereka sampai nggak bisa ngomong. Aku tuh dulu sempat kayak ah masa cat calling doang bisa sampai bikin insecure sih?" ungkap Susan Sameh.



Simak Video "Cie! Susan Sameh Dikasih Bunga Nih Sama Chandra Liow"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT