ADVERTISEMENT

Susan Sameh Butuh Waktu untuk Berani Ungkap Pelecehan Seksual yang Dialami

Hanif Hawari - detikHot
Selasa, 01 Feb 2022 13:09 WIB
Susan Sameh
Susan Sameh Foto: Noel/detikHOT
Jakarta -

Susan Sameh mengaku pernah mengalami pelecehan seksual. Ia pun butuh keberanian untuk mengungkap apa yang dialaminya itu.

Susan Sameh pernah mendapatkan perlakuan tak menyenangkan saat berada di lokasi syuting. Saat itu, mentalnya terserang.

"Yang terakhir itu yang kamu tahu di lokasi syuting. Karena ada 6 atau 7 orang, oh mungkin ini yang orang-orang rasain. Jujur mental aku kena," kata Susan Sameh saat live Instagram bareng Indah Permatasari.

Susah Sameh berusaha untuk mengadukan kejadian tersebut ke produsernya. Ia pun butuh keberanian dan mental yang kuat saat mengungkapkan masalah itu.

"Aku bilang pelan-pelan, bilang ke satu orang dulu, ke produsernya," ungkap Susan Sameh.

Ternyata sebelum itu, Susan Sameh juga pernah mendapatkan pelecehan tersebut. Jika dihitung, Susan Sameh sudah 6 kali menjadi korban pelecehan seksual.

Tak disangka, pelecehan itu didapatkan Susan Sameh dari keluarganya sendiri. Ia pun mengadukan kejadian tersebut ke orang tuanya.

"Aku pernah kena pelecehan seksual 5 atau 6 kali. Waktu kecil itu aku kena sama saudara aku sendiri. Aku ngomong sama mami aku," imbuh Susan Sameh.

Susan Sameh tak tinggal diam. Wanita kelahiran 24 Februari 1997 itu langsung mengambil tindakan tegas kepada pelaku.

"Beberapa tahun lalu pantat aku dipegang sama orang. Aku langsung pukul itu orang," papar Susan Sameh.

Melihat dampaknya, Susan Sameh berharap korban pelecehan seksual tidak perlu takut untuk bersuara. Hal itu untuk kebaikan mereka, meskipun tidak mudah.

"Aku berharap perempuan-perempuan di sana, ini memang tidak mudah sama sekali ketika kita kena pelecehan seksual. Aku berharap kita semua berani saja dulu," ingin Susan Sameh.

Tak hanya kepada perempuan, laki-laki yang menjadi korban pelecehan seksual juga harus berani mengambil tindakan tegas.

"Laki-laki itu, maksudnya pelecehan seksual nggak cuma ke perempuan, laki-laki jiga bisa. Kalian benar-benar harus tegas. Buat orang yang melakukan pelecehan dipikir dulu buat lakuin sesuatu. Gimana kalau itu terjadi sama keluarga kita, kalian. Masa kita mau rusak masa depan orang?" tukas Susan Sameh.

(hnh/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT