ADVERTISEMENT

Mima Shafa Alami Mental Health, Ini yang Dirasakan Mona Ratuliu

Desi Puspasari - detikHot
Rabu, 17 Agu 2022 16:41 WIB
Mona Ratuliu dan putrinya
Mona Rautliu dan rasa bersalahnya ketika Mima Shafa alami mental health. Foto: Instagram @monaratuliu
Jakarta -

Pengalaman mental health yang dialami Mima Shafa juga menjadi pelajaran berharga untuk Mona Ratuliu dan Indra Brasco sebagai orang tua. Mona Ratuliu tak menampik ada rasa bersalah ketika anak pertamanya itu mengalami mental health.

Mona Ratuliu menegaskan, Mima Shafa adalah seorang anak yang sangat cerdas. Meski mengalami kesulitan mendeskripsikan apa yang terjadi dengan dirinya, Mima tetap berusaha berkomunikasi dengan Mona dan Indra Brasco.

"Mima anak cerdas, mau belajar untuk bisa tahu apa yang terjadi pada dirinya. Mau berusaha, Mima anak yang introvert. Mima punya keberanian mencoba untuk ngomong walau berat dan meminta bantuan," puji Mona Ratuliu saat mengisi Pagi Pagi Ambyar Trans TV.

"Ternyata punya masalah mental health untuk bicara itu suatu perjuangan. Kita sebagai orang terdekat mesti support," tegasnya.

Ketika mendapati pertanyaan soal rasa bersalah, Mona Ratuliu mengakui adanya perasaan itu sebagai orang tua. Banyak hikmah yang Mona Ratuliu dapatkan.

"Ada banget perasaan bersalah. Dalam journey-nya (Mima) kan nggak langsung ketahuan ini Mima kenapa sih? Banyak perasaan bersalah," aku Mona Ratuliu.

Mona Ratuliu mengingat pengalamannya sebagai orang tua muda. Di mana saat itu dirinya masih belum memahami pola asuh anak.

"Mima ini anak pertama. Dulu aku melahirkan umur 21, jadi benar-benar nggak tahu nih caranya urus anak gimana. Justru karena ketidaktahuan aku ini aku salah mengasuh waktu itu juga," ceritanya.

"Terus Mima umur 6 tahun sudah bisa ngomong, 'Aku nggak suka punya ibu kayak bunda. Aku nggak suka tinggal di rumah ini.' Kata dia gitu. Dari situ titik itu aku mulai belajar, kayaknya gue udah kasih yang terbaik buat anak gue nih, tapi kenapa testimoninya begitu? Dari situ aku belajar parenting, minta maaf juga saat itu sama Mima atas banyak kesalahan aku," tutur Mona Ratuliu.

Ketika mengetahui putri pertamanya mengalami mental health, Mona Ratuliu teringat kesalahannya dahulu.

"Waktu itu Mima punya masalah kesehatan mental langsung keinget ke situ. Waduh ini jangan-jangan karena kesalahan-kesalahan yang aku lakukan dulu," kata Mona Ratuliu.

Mona Ratuliu dan Indra Brasco menjadi sosok yang selalu ada untuk Mima Shafa. Mereka mendukung apa pun keputusan Mima.

"Makanya ya namanya jadi orang tua belajar terus. Mima dulu waktu masih kecil beda dengan Mima sekarang. Akunya sebagai orang tua mesti beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan Mima," ungkap Mona Ratuliu.



Simak Video "WHO: Hampir 1 Miliar Orang di Dunia Memiliki Gangguan Mental"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT