ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: Sikap Suami Ketika Istri Tak Percaya Diri dengan Penampilan

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 11 Agu 2022 06:11 WIB
Suami Kartika Putri
Habib Usman bin Yahya. Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Ketika sudah lama menjalin rumah tangga, ada kalanya seorang istri merasa tidak percaya diri dengan penampilannya. Disitulah suami wajib membantu istri, tapi tetap bisa menjaga perasaannya.

'Aku gemukan ya? Aku sekarang kusam? Aku sudah mulai keriput?' Suami sangat boleh memberikaan modal, tapi tetap menjaga perasaan istri. Jawablah pertanyaan-pertanyaan itu dengan kalimat yang baik.

Beberapa kisah selebriti, seperti Syahrini yang merasa bahagia karena selalu dimuliakan oleh Reino Barack dengan fasilitas dan hadiah-hadiah bernilai mahal. Ada juga belakangan Atta Halilintar yang memberikan hadiah ulang tahun untuk Aurel Hermansyah perjalanan ke Italia dan juga beberapa barang-barang mewah.

Kata Ustaz melansir penjelasan dari Habib Usman bin Yahya dalam Islam Itu Indah. Suami wajib menjaga dan merawat istri karena istri adalah makhluk yang dititipkan Allah SWT.

Berikut penjelasan lengkap Habib Usman bin Yahya:

Alhamdulillah yang ingin merawat istrinya dengan perawatan yang baik, gimana caranya sebetulnya?

Kita sebagai suami dan istri harus ada yang namanya mawaddah warrahmah, cinta dan kasih sayang. Siti Aisyah itu suka diajakin lari-lari sama Rasulullah. Nah, kalau zaman sekarang kalau misalkan kita tahu nih istri udah agak gemukan, kita ikuti sunahnya Rasulullah kita lari-lari. Jadikan tidak tersinggung. Kita keliling GBK, romantis, jalan 45 menit ke sana, 'Yuk temani yuk jalan-jalan sore.' Dengan tujuan sebenarnya berolahraga. Tapi, dengan kalimat yang baik.

Intinya pertama, kita sebagai seorang suami harus saling mengerti dan memahami terhadap istri kita. Untuk istri, mohon maaf, jangan baper terhadap suamimu. Dia yang menyayangimu, dia yang akan bersamamu, dia yang menafkahimu, maka sayangilah dia dengan kasih sayang yang tinggi.

Berharap keridaan Allah SWT menciptakan mahligai rumah tangga yang sakinah mawaddah warrahmah. Maka bujuklah istri dengan bujukan yang baik, bujuklah suami dengan bujukan yang baik. Saling rayu, saling sapa, saling memahami satu sama lain.

Apabila ada kekurangan di antara keduanya, jadikanlah kekurangan itu pembelajaran. Untuk ke depannya jauh lebih baik.

Kalau ditanya boleh nggak istri ini perawatan? Boleh. Perawatanlah dengan yang terbaik. Seluruh dari ujung rambut dan kakinya, itu adalah makhluk dari Allah SWT yang dititipkan kepada kita, harus dan wajib kita rawat.

Giginya disikat, rambutnya dirapikan, wangi, bersih, mandi yang bersih, perawatan juga boleh. Perawatan itu adalah salah satu bentuk menghormati. Menghormati bahwasannya ini adalah pemberian Allah yang harus kita jaga dan kita rawat dengan sebaik-baiknya.

Oleh karena itu kita berharap keberkahan. Jangan suami mau tampil keren, istrinya nggak boleh tampil indah. Indahnya kan untuk suami. Kalau misalnya punya rezeki banyak, kalau istrinya kurang sisiran beli sisir di luar, kalau istrinya kurang skircare, belikan skincare. Ini adalah bentuk tahabbu tahaddu, cinta kasih sayang dengan hadiah, akan lebih sayang dan cinta lagi.

Tangannya nggak ada cincinnya, belikan cincinnya. Semurah-murahnya nggak masalah, semahal-mahalnya asalkan dia mampu nggak ada masalah. Inilah bentuk cinta. Nggak ada kalung beliin kalungnya. Menghadiahi, memberikan perhatian.



Simak Video "Lesti Kejora Sudah Keluar dari RSU Bunda Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT