ADVERTISEMENT

Mima Shafa Harap Orang Dapat Hikmah dari Pengalaman Percobaan Bunuh Dirinya

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 02 Agu 2022 07:30 WIB
Mima Shafa
Foto: dok. Instagram Mima Shafa
Jakarta -

Putri Mona Ratuliu, Mima Shafa, mengakui dirinya pernah melakukan percobaan bunuh diri. Hal itu diutarakan perempuan bernama asli Davina Shava Felisa itu dalam sebuah unggahan Instagram. Mima Shafa menuliskan trigger warning dalam unggahannya karena berisi gambar-gambar yang bisa membuat tidak nyaman bagi beberapa orang.

Dalam video yang dia unggah, Mima Shafa memperlihatkan beberapa foto ketika dirinya dirawat di RS, perban luka, hingga foto bersama sahabat dan keluarga. Di bagian keterangan foto dia juga menuliskan sebuah harapan agar apa yang dia alami ini bisa memberikan pelajaran buat orang lain.

"Di waktu yang tepat aku cerita ke kalian, sebelum bulan ini berakhir, aku mau bilang terima kasih ke semua orang yang udah mendukung dan sayang sama aku," tulisnya.

"Kalau kamu membaca ini, pasti akan ada jawaban dari semua pertanyaan yang kamu punya. Kuncinya adalah bertahan. Pelan-pelan cerita dan kasih tahu orang-orang yang kamu percaya tentang situasimu. Jangan takut untuk bicara dan cari bantuan. You always matters," lanjut dia.

Mima Shafa juga menjelaskan soal gangguan mental yang dialaminya. Dia mengaku depresi hingga terpikir untuk bunuh diri sampai akhirnya benar-benar mencoba untuk bunuh diri.

Sejak lama Mima Shafa sebenarnya sudah banyak belajar soal kesehatan mental dan ingin berusaha untuk mengedukasi orang-orang mengenai hal ini. Namun tidak bisa dia pungkiri selama itu dirinya juga mengalami naik-turun dalam kehidupan hingga depresi.

"Selama 7 tahun aku selalu bertanya-tanya, apa yang salah sih sama aku? Di depan semua orang aku mungkin terlihat sepertu orang yang tahu semua jawabannya, bukan cuma dari belajar advokasi MHA dan juga sebagai mahasiswi psikologi, tapi juga banyak privilege yang aku punya. Tapi kenyataannya, aku masih menderita dan kesusahan. Dan itu manusiawi," tulis dia.

Namun kini, Mima Shafa perlahan telah membaik dari kondisi tersebut.

---

Jika Anda memiliki pemikiran bunuh diri, jangan ragu untuk segera hubungi psikolog dan psikiater terdekat. Kunjungi laman www.intothelightid.org/cari sebagai laman yang didedikasikan untuk mencari layanan kesehatan mental terdekat. Laman pertolongan pertama bagi orang dengan pemikiran bunuh diri juga dapat dibaca di www.intothelightid.org/tolong.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT