ADVERTISEMENT

Putri Mona Ratuliu Jadi Sorotan, Ngaku Sempat Coba Bunuh Diri karena Depresi

Mauludi Rismoyo - detikHot
Senin, 01 Agu 2022 17:44 WIB
Mima Shafa
(Foto: dok. Instagram Mima Shafa) Putri Mona Ratuliu, Davina Shava Felisa atau akrab disapa Mima Shafa, mendadak jadi sorotan. Itu dikarenakan pengakuan sempat melakukan percobaan bunuh diri.
Jakarta -

Putri Mona Ratuliu, Davina Shava Felisa atau akrab disapa Mima Shafa, mendadak jadi sorotan. Itu dikarenakan unggahannya di Instagram dan soal pengakuan sempat melakukan percobaan bunuh diri.

Dalam media sosial, Mima Shafa memperlihatkan beberapa cuplikan foto mulai dari dirinya dirawat di sebuah rumah sakit, memperlihatkan perban luka, sampai berkumpul bersama keluarga dan sahabat. Pada caption, ia mengaku sempat melakukan hal buruk lantaran depresi selama beberapa tahun.

"TW: su1c1d3 4tt3mpt, depresi. Waktu SMP, aku tertarik untuk belajar lebih banyak tentang kesehatan mental karena kesadaran yang aku rasain dengan diriku sendiri. setelah itu, aku jadi interested untuk mengadvokasi tentang kesadaran kesehatan mental dan bukan itu aja, tapi juga gimana supaya orang2 yang gak teredukasi tentang kesehatan mental bisa belajar dan mengurangi stigma nya," tulisnya.

"Aku tetap mengalami naik turun. selama 7 tahun aku selalu bertanya2, 'apa yang salah sih sama aku?' di depan semua orang, aku mungkin terlihat seperti seseorang yang tau semua jawabannya, bukan cuman dari belajar advokasi MHA dan juga sebegai mahasiswi psikologi, tapi juga banyak privilege yang aku punya. tapi kenyataannya, aku masih menderita dan kesusahan. dan itu manusiawi," lanjutnya.

Namun kini, Mima Shafa perlahan telah membaik dari kondisi tersebut. Ia berterima kasih kepada semua orang yang membantunya keluar dari situasi buruk.

"Juli 2022 adalah waktu yang penting untuk aku selama 19 tahun hidup. i survived. aku gak akan bisa lebih megenali diri sendiri kalau aku gak survive," ujarnya.

"Di waktu yang tepat, aku cerita ke kalian. sebelum bulan ini berakhir, aku mau bilang terima kasih ke semua orang yang udah mendukung dan sayang sama aku. bunda dan yanda, teman2, terutama diri ku sendiri," sambungnya.

Mima Shafa lalu memberikan motivasi kepada orang luar yang merasa seperti dirinya. Ia juga meminta mereka untuk tak takut bicara.

"If you're reading this, pasti akan ada jawaban dari semua pertanyaan yang kamu punya. kuncinya adalah bertahan. Pelan2 cerita dan kasih tau orang2 yang kamu percaya tentang situasi mu. jangan takut untuk bicara dan cari bantuan. you always matters," tuturnya.

Postingan Mima Shafa disukai banyak orang. Ia juga dikuatkan atas segala yang terjadi dulu dan kini.

"I love you," komen Shafa Harris.

"Semangat cantik kuat," sahut Cindercella.

Mona Ratuliu tak luput memberikan respons atas pengakuan putrinya. Mima Shafa pun berterima kasih terkait kehadiran ibundanya.

"Terima kasih mima masih mau nemenin bunda yanda belajar terus. Love you more than you know," kata Mona.

"I love you bunda, makasih udah selalu ada buat mima," balas Mima.

Jika Anda memiliki pemikiran bunuh diri, jangan ragu untuk segera hubungi psikolog dan psikiater terdekat. Kunjungi laman www.intothelightid.org/cari sebagai laman yang didedikasikan untuk mencari layanan kesehatan mental terdekat. Laman pertolongan pertama bagi orang dengan pemikiran bunuh diri juga dapat dibaca di www.intothelightid.org/tolong.

(mau/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT