ADVERTISEMENT

Ari Lasso Sebut Sakit Kanker Titik Terberat dalam Hidup Setelah Narkoba

Pingkan Anggraini - detikHot
Kamis, 21 Jul 2022 14:47 WIB
Ari Lasso akhirnya kembali tampil di panggung hiburan untuk kali pertama usai rehat melawan kanker. Momen itu terjadi di Allo Bank Festival 2022, Sabtu, 21/5/2022.
Ari Lasso katakan sakit kanker adalah titik terberat dalam kehidupannya. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Musisi legendaris Ari Lasso kembali manggung setelah sembuh dari kanker limfoma. Ia tampak lebih bugar dan bisa kembali bernyanyi di panggung.

Saat berbincang-bincang mengenai sakitnya beberapa bulan lalu, Ari Lasso menyatakan bahwa hal itu jadi titik terendah dalam hidupnya.

Diketahui, dahulu Ari Lasso pernah terjerat narkotika, tapi kini kanker limfoma yang beberapa waktu lalu ada di tubuhnya jadi hal yang paling membuat hidupnya cukup sulit.

"Ya mungkin setelah drugs ya, mungkin kemarin yang terberat dalam hidup yang aku alami," ujar Ari Lasso kepada detikcom di Trans Studio Cibubur, Rabu (20/7/2022).

Kata Ari Lasso saat terserang kanker ia perlu menjalani masa perawatan selama 9 bulan. Selama itu ia merasa tidak berdaya dan sangat berat untuk menjalani kemoterapi.

Ari Lasso saat itu tetap percaya diri bisa menjalani ujian hidupnya dengan baik. Namun setelah berat badannya turun sampai 17 kilogram, mental Ari Lasso mulai melemah.

Saat itu tubuhnya juga mulai merasa sangat sakit.

"Karena nggak berdaya selama berbulan-bulan, berat sekali kemo itu," tutur Ari Lasso.

"Padahal saya sudah membayangkan, 'Alah bisa kuatlah,' ternyata remuk juga sampai 17 kilogram turun dari 70 kilogram. Sekarang udah balik ke 62, 63 kilogram, tapi saya pertahanin segini, jadi nggak mau gede lagi," tambahnya.

Setelah dinyatakan sembuh dari kanker limfoma, Ari Lasso banyak mengubah diri.

Beberapa makanan, aktivitas, dan gaya hidupnya perlu dirancang ulang. Ari Lasso bahkan diminta untuk meninggalkan rokok, alkohol, sampai minuman bersoda demi kesehatannya.

Selain itu, ia juga tak diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang dapat mengganggu pencernaan pada usus.

"Gaya hidup berubah total, udah nggak ngerokok, nggak minum beralkohol, bersoda, nggak lagi. Cuma minum air putih, semua berubah ya. Udah nggak makan sambal, nggak aneh-aneh," tutur Ari Lasso.

"Usus ku lemah, salah satu efek kemo yang menyerang ke aku tuh usus. Jadi kemarin aku sempat dua kali masuk rumah sakit gara-gara usus, jadi cukup bikin trauma," tuturnya.

Lihat juga Video: Allo Bank Festival Jadi Panggung Pertama Ari Lasso Usai Sembuh Kanker

[Gambas:Video 20detik]




(pig/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT