Korban Cerita Awal Mula Investasi Batu Bara ke Ustaz Yusuf Mansur

Muhammad Ahsan Nurrijal - detikHot
Kamis, 23 Jun 2022 09:20 WIB
Korban Ustaz Yusuf Mansur Ini Ngaku sampai Kehilangan Rumah
Korban Ustaz Yusuf Mansur. Foto: Ahsan Nurrijal/ detikHOT
Jakarta -

Beberapa hari yang lalu, kediaman Ustaz Yusuf Mansur di kawasan Cipondoh, Tangerang, digeruduk oleh massa yang mengaku sebagai korban investasi batu bara. Para korban mengklaim kerugian mencapai Rp 46 miliar.

Nur Khaliek sebagai salah satu korban investasi tersebut, menceritakan kronologi awal bagaimana ketertarikannya kepada dalam investasi yang ditawarkan oleh ayah lima anak itu.

"Seminggu sebelumnya, beliau datang khusus (pada) subuh untuk ceramah, terkait proyek investasi," kata Nur Khaliek dalam konferensi pers di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022) malam.

Saat itu, pembina Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an itu dengan gencar mempromosikan investasi batu bara kepada para jemaah masjid.

Pada akhirnya, banyak jemaah yang tertarik atas iming-iming keuntungan yang besar dari Ustaz Yusuf Mansur.

"Proyek ini berorientasi, mengajak jemaah masjid Darussalam kaya di dunia dan akhirat," tutur Nur Khaliek.

Salah satu yang dijanjikannya adalah kaya akhirat karena, 50 persen dari keuntungan tersebut akan disedekahkan untuk membangun Pesantren Daarul Qur'an.

"Catat ini! Pada saat itu dia sebagai komisaris utama," tegas Nur Khaliek.

Selama kurang dari setahun, ada 250 orang yang tertarik dalam investasi batu bara. Suami Siti Maemunah akhirnya dapat menghimpun dana investasi sebesar Rp 46 miliar. Namun tak lama setelahnya, proyek tersebut macet.

"Masih berkoar untuk bisa melanjutkan. Bahkan mengembalikan modal investasi secara mencicil," ujar Nur Khaliek lagi.

Kemudian, pemilik nama asli Jam'an Nurchotib Mansur itu membuktikan janji untuk mencicil. Total, ia sudah mengembalikan sebesar Rp 3 miliar.

"Jadi masih ada lebih dari Rp 40 miliar yang belum dikembalikan. Sisa inilah yang kami tuntut untuk 250 jemaah," pungkasnya.

Simak Video 'Curhat TKW Ngaku Jadi Korban Tabung Tanah Ustaz Yusuf Mansur':

[Gambas:Video 20detik]



(ahs/wes)