ADVERTISEMENT

Kontroversi Ustaz Yusuf Mansur: Teriak saat Azan-Rumah Digerebek Massa

prih prawesti febriani - detikHot
Selasa, 21 Jun 2022 10:00 WIB
Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Quran
Ustaz Yusuf Mansur saat ditemui di salah satu kawasan Jakarta. Foto: Iswahyudi / 20detik


4. Konsep Sedekah yang Dianggap Seperti Merampok

Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya menanggapi konsep bersedekah Ustaz Yusuf Mansur. Menurutnya konsep itu tidak pernah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Hal itu disampaikan oleh Buya Yahya dalam ceramahnya. Video ceramah tersebut kemudian di upload ke media sosial.

"Kemudian 'jika kau pria siapa yang begini kemudian berinfak pahalanya begini, bersedekahlah begini' itulah cara nabi. Bukan menunjuk 'ente, kasih sedekah ya. Cincinmu bagus jual ya' nggak ada begitu. Nabi tidak mengajarkan begitu," kata Buya Yahya.

Menurut Buya Yahya konsep tersebut seperti merampok. Pada akhirnya, ia menganggap pemberi sedekah besar kemungkinan untuk tidak ikhlas.

"Itu bikin orang lari dari kebaikan jika dengan cara menunjuk, meminta. Itu seperti merampok, rampok pakai malu itu. Rampok kan pakai pedang dengan rasa malu, kalau nggak ngasih kan malu," kata Buya Yahya.

5. Marah-marah soal Paytren

Beberapa waktu lalu, netizen dihebohkan dengan video Yusuf Mansur marah-marah. Ia pun akhirnya memberikan penjelasan tentang hal tersebut.

Berdasarkan keterangannya, Yusuf Mansur menegaskan video tersebut dipotong-potong. Ia juga berharap kemarahannya di video tidak diikuti oleh publik.

"Beredar video lama saya yang dipotong. Video 1 jam dipotong 20 detik. Hikmahnya jangan ditiru karena saya marah-marah, dan itu nggak baik. Sudah terbukti marah-marah itu nggak baik. Saya lihat itu teguran dari Allah SWT supaya saya jadi orang yang nggak marah-marah," katanya.

"Orang yang marah-marah kayak saya seperti di video itu jauh dari ketenangan, jauh dari jalan keluar dari rezeki. Itu hikmahnya," jelas Yusuf Mansur.


(wes/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT