ADVERTISEMENT

Istri Zul Zivilia Nangis Cerita Anaknya yang Berkebutuhan Khusus Putus Sekolah

Pingkan Anggraini - detikHot
Minggu, 05 Jun 2022 13:25 WIB
Retno Paradinah
Tangis Retno Paradinah cerita anak pertamanya putus sekolah sudah dua tahun. Foto: YouTube The Sungkars
Jakarta -

Retno Paradinah, istri Zul Zivilia, saat ini harus terus berjuang hidup dengan anak-anaknya. Retno tak sanggup menahan air matanya ketika menceritakan anak pertamanya yang putus sekolah.

Istri Zul Zivilia menceritakan kehidupannya saat ini. Dia mengaku terakhir bertemu Zul di penjara membicarakan soal pendidikan anak-anak dikarenakan anak pertamanya sudah dua tahun tidak sekolah.

"Saya ngobrolin apa ya masalah ini sih, karena anak-anak kan mau masuk sekolah lagi. Jadi saya lebih masalah ke biaya anak sih, karena anak saya ada beberapa yang baru masuk," cerita Retno Paradinah di kawasan Simprug, Jakarta Selatan.

Anak pertama Retno Paradinah dan Zul Zivilia sudah dua tahun tidak sekolah. Anaknya terpaksa putus sekolah karena masalah biaya.

Terlebih putra pertamanya ini juga berkebutuhan khusus. Sebelum putus sekolah, putra pertamanya sekolah di sekolah alam dengan biaya yang tak sedikit.

"Ada anak saya yang satu putus sekolah udah 2 tahun, tahun ini saya mau masukin sebenrnya sekolah. Makanya saya bilang tadi anak saya barengan masuk, satu ada yang masuk SD kelas satu, terus yang putus ini baru saya masukin lagi. Jadi kemarin pas naik kelas 3 dia putus sekolah, sekarang saya masukkin lagi, soalnya kasihan dia bertanya terus, 'Kenapa kok nggak disekolahin,'" cerita Retno Paradinah.

Retno tak sanggup menahan air matanya menetes ketika menceritakan soal anak. Meski berkebutuhan khusus, anak Retno dan Zul Zivilia sangat semangat sekolah.

Apalagi dia melihat adik-adiknya juga sudah mulai sekolah. Retnoa mengatakan, Zul Zivilia juga sedih melihat kondisinya.

"Pasti sedihlah, apalagi kan yang putus sekolah ini anak saya yang benar-benar butuh pendidikan. Karena kan dia beda dengan saudaranya yang lain. Ya sudah sedih, sebenarnya dia minta ya sudah dibawa saja ke Makassar ...," Retno menangis ketika menceritakan anaknya diminta untuk sekolah di Makassar, kampung halaman keluarganya.

"Cuma nggak bisa jauh gitu. Di saya aja anaknya, saya gimana usahanya supaya saya bisa sekolahin. Makanya tahun ini saya benar-benar mau sekolahkan anak saya yang pertama," tegas Retno.

Istri Zul Zivilia tak mau terus menerus membebankan kehidupannya kepada orang tua, mertua, dan juga saudaranya. Kini, Retno yang mulai dikenal sebagai MUA ingin berusaha membiayai keempat anaknya.

"Saya mau minta banyak, ya berat, tahu diri. Cuma minta bantuan ya kayak kepepet banget. Yang ini kan lumayan gede juga (kebutuhannya)," ungkap Retno Paradinah.



Simak Video "Fans 'Zivilia' Jadi Penguat Istri Zul Hadapi Kasus Suaminya"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT