Dul Jaelani Kenalkan Band Baru: Qodir

Pingkan Anggraini - detikHot
Senin, 16 Mei 2022 21:43 WIB
Band Qodir besutan Dul Jaelani.
(Foto: Pingkan/detikcom) Dul Jaelani Kenalkan Band Baru: Qodir
Jakarta -

Putra Ahmad Dhani, Dul Jaelani, mengenalkan band barunya yang diberi nama Qodir. Band ini memiliki aliran musik rock yang khas dengan musik Dul Jaelani.

Dul menjelaskan, Qodir bukan lah band yang sangat baru baginya. Qodir merupakan reinkarnasi dari bandnya dahulu yang bernama Backdoor.

"Baru tapi lama. Qodir ini adalah band baru. Sudah lama dibentuk tapi namanya baru. Dulu band ini emang lama kalau tahu dulu itu namanya Backdoor," ujar Duo Jaelani saat jumpa pers di Hard Rock Cafe, SCBD, Jakarta Selatan, Senin (16/5/2022).

Masih dengan formasi yang sama seperti Backdoor, Qodir berisikan 4 orang anggota yang terdiri dari Dul Jaelani, Muhammad Xaviar, Deriel Sudiro, dan Axel CB.

Diketahui, Qodir sebelumnya sempat vakum pada 2016, lalu Dul Jaelani melanjutkan musiknya dengan berkarier solo.

Setelah mengarungi beberapa tahun tanpa teman-temannya, Dul Jaelani pun merasa ingin kembali ke band tersebut. Alhasil Dul Jaelani kembali dengan bandnya pada 2021 dan langsung membuat album.

Menariknya, kini Dul Jaelani justru tertarik menggarap lagu-lagu bergenre rock.

"Nggak tahu ya, yakin aja (buat musik rock)," tutur Dul Jaelani.

"Banyak yang ikut tren dan arus ya. Ya nggak tahu ke depannya. Banyak banget yang ikut tren ya masa kita mau ikut tren juga gitu. Tapi sebenarnya ini baru album pertama kita memang ada niat untuk melestarikan musik yang di era sekarang ini udah nggak ada. Tapi saya tau juga di sini masih ada yang suka musik rock," paparnya.

Lebih lanjut, album pertama Qodir bertajuk Seribu Bulan yang berisi 9 lagu rock. Seribu Bulan pun resmi dirilis pada 22 April 2022 dalam bentuk album fisik.

Lagu yang jadi pionir dalam album ini bertajuk Sakit Cinta yang diciptakan langsung oleh Dul Jaelani dan teman-temannya.

Dul menegaskan, lagu-lagu Qodir terinspirasi dari isu sosial yang hadir di kalangan remaja saat ini. Salah satunya masalah kesehatan mental.

Dul menegaskan, remaja yang putus cinta juga dapat menyebabkan kegilaan. Maka dari itu Dul Jaelani menceritakan masalah itu dalam lagu Sakit Cinta.

"Kalau Qodir itu banyak angkat tentang isu sosial ya yang ada di Instagram orang, kita lihat aja ya," tutur Dul Jaelani.

"Track 1 itu kita buat ya, kita juga bikin lagu tentang sihir. Ya memang tentang keresahan-keresahan generasi muda," lanjutnya.

(pig/aay)