UAS Gelar Prosesi Mengayun Anak, Apa Itu?

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 13 Mei 2022 07:31 WIB
Ustaz Abdul Somad menjalani prosesi mengayun anak.
Foto: Instagram
Jakarta -

Dalam Instagram miliknya, Ustaz Abdul Somad terlihat menjalani salah satu proses yakni mengayun anak. Apa itu? Ustaz Abdul Somad memberikan penjelasannya mengenai hal tersebut.

"Mengayun anak. Begitu namanya diberi orang Melayu. Isinya: pembacaan ayat suci al-Qur'an, membaca syair Mawlid al-Barzanji (disusun Imam Abu Ja'far al-Barzanji dari kota al-Madinah al-Munawwarah), Marhaban dan do'a," tulis Ustaz Abdul Somad dalam Instagram miliknya.

Dalam penulisannya, Ustaz Abdul Somad menjelaskan jika jika anak didekatkan dengan Al-Qur'an maka hidupnya bakal punya panutan.

"Kalau anak didekatkan dengan al-Qur'an Hidupnya punya panutan Kalau anak diajarkan cinta Nabi Hidupnya tak pentingkan diri sendiri
Kalau anak diayun dengan do'a," terangnya lagi.

"Dia berbakti pada orang tua Kalau anak dikumpulkan dalam silaturrahim Besarnya menjadi orang yang alim Kenalkan anak pada adat istiadat Supaya besarnya dalam rahmat," sambungnya lagi.

[Gambas:Instagram]



Postingan itu langsung mendapatkan banyak tanggapan dari netizen. Dalam komentarnya netizen turut mendoakan anak Ustaz Abdul Somad.

"Semoga menjadi anak yang Sholeh, berbakti kepada kedua orang tua, aamiin ya rabbal aalamiin," beber akun hdytr****.

"Alhamdulillah Ustaz di saya masih ada Tradisi seperti itu. Kalau di Kami di Sunda atau tepatnya di kampung saya, namanya Marhabaan. Runtutannya kuramg lebih sama, cuman yang membedakan awalnya kami Hadiahan (tahlilan) dlu, dan selepas itu membaca Maulid Barjanzi. Semoga Tradisi Baik ini, senantiasa diwariskan oleh generasi Kita. Aamiiiin," ungkap akun iqbhd****.

"MasyaAllah Tabarakallah..mirip ibunya..," jelas akun bdytr****.

"Sehat berkah selalu ya ustad & kluarga," imbuh akun lainnya.

Sebelumnya, UAS mengabarkan istrinya telah menjalani proses persalinan. Anak laki-laki itu lahir pada Kamis, 17 Februari 2022.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah telah lahir anak laki-laki kami pada pukul 19.15 tadi hari Kamis malam Jumat, 17 Rajab 1443 - 17 Februari 2022," tulis Ustaz Abdul Somad dikutip dari Instagramnya.

Pada foto yang diunggah itu, Ustaz Abdul Somad terlihat menggendong sang anak. Ia tampak masih berada di rumah sakit.

Dalam kesempatan yang sama, UAS juga menjelaskan ukuran lahir anaknya tersebut. Sayangnya, ia belum mengabarkan siapa nama anaknya itu.

"Berat 3,5kg, Panjang 52cm. Mohon doa semoga menjadi anak sholih, Wassalam," ungkap Ustaz Abdul Somad.



Simak Video "Dubes RI Tegaskan UAS Bukan Dideportasi Dari Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/dar)