Pangeran Harry-Meghan Markle Absen Hadiri Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Minggu, 08 Mei 2022 10:46 WIB
Meghan Markle & Pangeran Harry di Invictus Games 2022
Pangeran Harry dan Meghan Markle tak akan hadiri perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II.Foto: dok. AP
Jakarta -

Tahun 2022 ini menandakan tahun ke-70 Ratu Elizabeth II naik tahta. Ratu Inggris itu pertama kali naik tahta pada 6 Februari 1952. Perayaan ini biasa disebut dengan Platinum Jubilee dan Ratu Elizabeth II menjadi Ratu Inggris pertama yang merayakannya.

Menurut budaya dan sejarah Kerajaan Inggris, Platinum Jubilee akan dirayakan dengan penampilan publik Ratu Elizabeth ditemani oleh beberapa anggota resmi kerajaan. Acara yang rencananya akan diadakan 2 Juni 2022 ini memunculkan pertanyaan soal kehadiran Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Kini pihak Kerajaan Inggris sudah mengeluarkan pernyataan resmi mereka. Pangeran Harry dan Meghan Markle dipastikan tidak akan menemani Ratu Elizabeth dalam perayaan Platinum Jubilee.

"Setelah menimbang dengan hati-hati, Ratu memutuskan penampilan di balkon dalam acara Tropping the Colour tahun ini, yang akan digelar Kamis 2 Juni 2022, akan dihadiri hanya oleh Ratu dan para anggota kerajaan yang saat ini menjalani tugas resmi kerajaan mewakili nama Ratu," ujar pihak Kerajaan Inggris dalam sebuah pernyataan.

Ditambahkan oleh mereka, pihak Kerajaan Inggris yang tidak lagi mengemban tugas kerajaan, seperti Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak dilarang untuk hadir di perayaan lainnya. Namun tidak dengan agenda resmi Platinum Jubilee di mana Ratu Inggris akan ditemani oleh anak-anaknya dan para anggota kerajaan lain di balkon untuk menyapa publik secara resmi.

Dengan dirilisnya pernyataan ini, maka yang akan menemani Ratu Elizabeth II di balkon dalam acara Platinum Jubilee pada 2 Juni 2022 nanti, antara lain Pangeran Charles dan Camilla, Puteri Anne dan Timothy Laurence, Pangeran Edward dan Sophie, Pangeran William dan Kate Middleton (beserta ketiga anaknya).

Harry dan Meghan memutuskan keluar dari Kerajaan Inggris pada Januari 2020. Setelah keputusan itu mereka umumkan, pasangan ini tampil dalam wawancara eksklusif bersama Oprah Winfrey yang kemudian menuai banyak komentar.

Dalam wawancara itu dibahas soal kehidupan Meghan Markle dan lingkungan kerajaan Inggris tempat ia pernah jadi bagian di dalamnya. Meghan dan Harry menuturkan upaya mereka untuk bisa diterima keluarga kerajaan.

Meghan Markle mengatakan dirinya kurang menerima dukungan dari keluarga kerajaan hingga kekhawatiran keluarga kerajaan terhadap buah hatinya, Archie terkait warna kulit.

Pangeran Harry juga mengungkapkan ia dan keluarganya tak lagi menerima dukungan finansial sejak awal tahun lalu. Ia bersyukur masih memiliki warisan yang ditinggalkan sang ibu untuk membantunya bersama Meghan pindah dari Kanada.

Harry menambahkan, terputusnya finansial yang ia terima dari istana Inggris juga membuatnya harus menandatangani kontrak senilai jutaan dolar dengan Netflix dan Spotify.

Selain Harry dan Meghan, Pangeran Andrew juga tidak akan diundang dalam acara Platinum Jubilee ini. Lantaran Pangeran Andrew sebelumnya berhenti dari tugas kerajaan setelah skandal tuduhan eksploitasi seksual yang ditujukan kepadanya.



Simak Video "Kabar Kehadiran Meghan Markle di Perayaan Platinum Jubilee"
[Gambas:Video 20detik]
(aay/pus)