Kata Nowela soal Kontroversi Honor Rp 15 Juta dari DNA Pro Disita Polisi

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 27 Apr 2022 12:35 WIB
Nowela saat ditemui di kawasan Menteng.
Nowela soal honor Rp 15 juta nyanyi di acara DNA Pro yang disita polisi. Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Nowela juga menjadi salah satu penyanyi yang diundang oleh DNA Pro untuk jadi pengisi acara. Nowela disebut polisi bersedia mengembalikan honor Rp 15 juta yang dia dapat dari DNA Pro.

Pengembalian honor para penyanyi pengisi acara DNA Pro tuai pro dan kontra. Para musisi disebut bekerja secara profesional dan bukan untuk mempromosikan DNA Pro.

Oleh karena itu, honor para pengisi acara seharusnya tidak menjadi sitaan polisi. Nowela yang menyanyi di acara DNA Pro pada Agustus 2021 awalnya bersedia menyerahkan uang Rp 15 juta yang merupakan honornya bernyanyi.

"Sempat mikir sebenarnya itu kan hak saya, saya pengisi acara, saya melakukan kewajiban saya, ya saya menerima hak saya harusnya," cerita Nowela dilansir dari !nsertlive.

Setelah diperiksa Bareskrim Polri pada Jumat, 22 April 2022, Nowela mengaku mendapat banyak pengetahuan. Dilema ingin kembalikan uang Rp 15 juta itu atau tidak, Nowela berpikir itu adalah haknya sebagai penyanyi profesional untuk mengisi acara.

"Ada satu sisi lain yang ternyata saya baru tahu juga, ternyata ada yang namanya uang hasil kejahatan, ternyata uang itu bisa disita negara, barang bukti, dan pengetahuan yang saya belum tahu," ucapnya.

Nowela juga teringat banyaknya korban DNA Pro yang menelan kerugian. Melihat ada banyak orang yang tersakiti dan merugi, Nowela merasa uang yang dia dapatkan tidak memberinya keberkahan.

"Saya yakin Tuhan Maha Adil. Kalau saya niat baik, saya ikhlas (mengembalikan)," kata Nowela.

"Kalau menyesal nggak sih, bagi saya kehidupan selalu punya dramanya, selalu pelajarannya. Jadi saya anggap ini pembelajaran hidup saja," tegasnya.

Sebelumnya, honor Rp 172 juta Rossa dari DNA Pro juga akan dikembalikan. Tapi, Rossa mengatakan hal itu urung dilakukan.

Muhammad Wardaya, pengacara Rossa, menjelaskan kliennya tidak ikut serta mempromosikan DNA Pro. Rossa hanya dikontrak secara profesional guna mengisi acara yang digelar oleh platform tersebut.

"Bu Rossa kan tidak mempromosikan DNA Pro, tidak mengendorse dan tidak terkait, hanya dikontrak secara profesional, kontraknya benar, membayar pajak, sehingga dengan demikian penyidik berkesimpulan bahwa tidak perlu mengembalikan," jelas Muhammad Wardaya.

Rossa merasa lega mendengar pemberitahuan soal honor dari DNA Pro yang tidak perlu disita atau dikembalikan.

"Alhamdulillah, Allah masih melindungi, mungkin masih rezeki saya juga, jadi ya kita dihubungi, dikonfirmasi oleh Bareskrim, bahwa setelah dipelajari memang kontraknya tidak menyalahi dan tidak ada indikasi untuk mempromosikan. Terutama itu," tutur Rossa.

"Kebetulan saat itu saya cuma nyanyi di atas panggung udah itu saja. Jadi akhirnya kita juga diminta untuk tidak menyerahkan untuk penyitaan. Alhamdulilah," pungkasnya.



Simak Video "Nowela Sudah Kembalikan Uang Bayaran Manggung di Acara DNA Pro "
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dal)