Kiprah Futri Zulya, Putri Zulkifli Hasan Sukses Jadi Pemerhati Anak dan Perempuan

Hanif Hawari - detikHot
Minggu, 24 Apr 2022 10:35 WIB
futri zulya
Kiprah Futri Zulya, Putri Zulkifli Hasan yang Sukses Jadi Pemerhati Anak dan Perempuan. (Foto: Hanif Hawari)
Jakarta -

Nama Futri Zulya mendadak ramai diperbincangkan setelah dirinya menggugat cerai sang suami, Ahmad Mumtaz Rais. Anak politikus Zulkifli Hasan itu menjadi buah bibir lantaran dianggap sebagai perempuan mandiri yang sukses sebagai pengusaha dan seorang ibu.

Futri Zulya lahir di Jakarta pada 13 Mei 1988. Perempuan berhijab itu merupakan seorang ibu dari dua orang anak yang bernama Illiuna Rais (9 tahun) dan Zahafi Rais (6 tahun).

Futri Zulya mengawali pendidikan sarjana di Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB). Saat itu, dirinya mengenyam pendidikan S1 di bidang bisnis dan manajemen.

"Background pendidikan kebetulan aku waktu S1 di ITB, ambilnya bisnis juga SBM ITB jadi memang suka bisnis dari kecil, karena memang di-incorrect karena kita dari keluarga pengusaha ya sebenarnya," ujar Futri Zulya saat ditemui di Gunawarman, Jakarta Selatan.

Setelah resmi menjadi sarjana, Futri Zulya melanjutkan pendidikan magister atau S2 di luar negeri. Perempuan berusia 34 tahun itu melanjutkan pendidikannya di bidang International Business di Australian National University, Canberra.

Bukan rahasia, Futri Zulya berasal dari keluarga terpandang. Ayahnya adalah seorang mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) periode 2014-2019.

Ia merupakan sulung dari empat bersaudara. Salah satu adik Futri Zulya yang bernama Zita Anjani merupakan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.

Futri Zulya mulai membangun bisnis setelah dirinya lulus dari kuliah. Saat ini, ia telah aktif mengurus sederetan bisnisnya yang bergerak di bidang pendidikan dan kesehatan anak, klinik kesehatan, dan kecantikan, hingga mitra usaha dan keuangan.

"Aku jadinya ketularan (ayah), jadi tumbuh enterpreneur spiritnya, jadi waktu lulus kuliah tadi SBM ITB terus akhirnya aku sempat kerja di salah satu perusahaan multinasional dapat 1 tahun," kata Futri Zulya.

"Tapi di situ aku ngerasa kayaknya kalau aku kerja di sini terbatas gitu manfaatnya, aku cuma untuk company itu. Tapi kalau aku usaha kan aku bisa bermanfaat untuk orang, bisa punya karyawan yang banyak dan impact yang lebih," sambungnya.

Futri Zulya mengelola jaringan usaha di bidang Woman and Children yang membawahi beberapa unit usaha, di antaranya Kids Republic School (Playgroup, Kindergarten & Primary). Ia juga mengelola Kidz Clinic Children & Development Center, dan Zglow Aesthetics Clinic yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Tak sampai di situ, Futri Zulya juga aktif di berbagai forum seminar dan coaching clinic tentang anak muda dan kewirausahaan serta kegiatan-kegiatan filantropi. Di antara kesibukan itu pun, ia masih menyempatkan menulis novel.

Bersama sang adik, Zita Anjani, Futri Zulya menggarap novel berjudul Rantau. Novel tersebut terinspirasi dari perjuangan sang ayah menggapai mimpi di Ibu Kota.

(hnh/mau)