ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: Ketika Salat Baca Surat Pendeknya Itu-itu Saja

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 13 Apr 2022 06:00 WIB
Pendakwah
Ustaz Maulana soal bacaan surat pendek saat salat. Foto: dok. Instagram Ustaz Maulana
Jakarta -

Saat salat surat-surat pendek dibaca setelah Al-Fatihah. Bagaimana kalau bacaan surat-surat pendeknya itu-itu saja?

Hal ini mungkin banyak dialami oleh umat muslim. Kata Ustaz kali ini menilai masalah bacaan surat pendek dalam salat usai membaca Al-Fatihah. Ustaz Maulana memberikan nasihat, ada baiknya saat salat mengikuti sunahnya Rasulullah SAW.

Berikut penjelasan lengkap Ustaz Maulana:

Sebaiknya kita mengikuti sunnahnya Rasulullah SAW, ikutan kepada Rasulullah. Bagaimana sifat salatnya Nabi, bagaimana bacaannya salat Nabi, bagaimana bacaan-bacaan yang digunakan oleh Nabi.

Surat setelah Al Fatihah, kami mengira ketika panjangnya salat Rasulullah SAW ketika Zuhur dan Ashar, kami mengira dua rakaat pertama surat Alif lam tanzil atau surah As Sajdah. Ini dalam satu riwayat disebutkan, sebaiknya ukuran panjangnya, lamanya, secepatnya (salat) maka dilihat, bahwa mohon izin bukan menggurui, kalau Subuh itu agak panjang. Tapi kalau Zuhur, Ashar, dan Isya agak sedang (panjang bacaan surat pendek salatnya). Sedangkan kalau Magrib agak pendek (bacaan surat pendeknya).

Maka ada baiknya juga surah yang Allah suka kalau kita baca, yakni di rakaat pertama Qulya ayyuhal kafirun (surat Al-Kafirun), rakaat kedua adalah Qul huwallahu ahad (Al-Ikhlas).

Ingat, lihat juga situasi kondisi kita salat. Maka lihat orang di belakang yang jadi makmum, maka sesuaikan. Kalau memang kita mau salat sendiri agak panjang silakan. Maka mohon izin sesuaikan kondisi. Kata Nabi, ringankan salatmu kalau jadi imam, karena ada orang lemah imannya (anak-anak) ada orang lemah fisiknya (orang tua) maka diposisikan. Ada baiknya juga disesuaikan juga urutannya.

Saat Isya, Rasulullah menganjurkan (baca) wasyamsi waduhaha (surat Asy-Syams) dan ingat dan di rakaat keduanya adalah surat Al A'la. Ingat juga ada bagusnya diurut (bacaan surat pendeknya), semua isi Al Quran bisa digunakan. Diharapkan ikutilah salatnya Nabi.

Lebih sempurna, kalau bisa diatur, diurut (bacaan surat pendeknya). Kalau bisa Al Qurannya dikhatamkan dalam salat.



Simak Video "Ibunda Chairul Tanjung dalam Kenangan Ustaz Maulana "
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT