Kata Ustaz: Tertidur usai Sahur dan Bablas Tak Salat Subuh

ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: Tertidur usai Sahur dan Bablas Tak Salat Subuh

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 08 Apr 2022 06:00 WIB
Pendakwah
Ustaz Nur Maulana memberikan jawaban bagaimana ketika setelah sahur tertidur dan bablas tak salat subuh. Foto: dok. Instagram Ustaz Maulana
Jakarta -

Sahur di bulan Ramadan menjadi hal dilakukan umat muslim sebelum menjalankan puasa. Bangun sahur, tapi setelah itu tertidur hingga bablas tak salat subuh bagaimana?

Sahur dilakukan sebelum fajar terbit atau dibatasi sampai waktu imsak. Ada jeda setelah imsak hingga waktu subuh. Tak dipungkiri, rasa ngantuk kala menyerang saat sahur.

Setelah sahur dan tak sengaja tertidur itu adalah hal yang cukup sulit dikontrol. Kata Ustaz kali ini mengambil penjelasan Ustaz Nur Maulana dalam Islam Itu Indah soal tidak sengaja tertidur setelah sahur hingga bablas tidak salat subuh.

Berikut penjelasan lengkap Ustaz Nur Maulana:

Saat kita berpuasa jangan puasanya gitu-gitu saja, puasanya harus luar biasa, berkualitas.

Gimana kalau habis sahur tidur lagi dan pada saat bangun dia langsung salat subuh namun sudah lewat waktunya? Ini sudah terbiasakan ini, lalu tertidur nungguin subuh, ya Allah kenapa nggak nungguin? Salat itu mohon maaf disaat sadar atau terbangun.

Salatnya orang yang ketiduran, di saat dia sadar. Ketika dia bangun. Salatnya orang lupa, ketika dia tersadar. Jadi jawabannya, silakan langsung salat.

Misalnya, aduh ya Allah kayaknya saya tidak salat subuh tadi ya. Padahal sudah jam 1 siang. Maka langsung berniat qadha karena khawatirnya benar-benar lupa. Tidak ada masalah, kita langsung lakukan. Karena salatnya orang yang tertidur, salatnya orang yang terlupa, ketika dia sadar.

Cuma ada catatan, ini bukan kesengajaan. Jangan setiap hari lupa terus. Setiap hari ketiduran terus. Jadi diatur saja.

Karena ternyata kalau bicara soal sahur, itu adalah sunah muakkad yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad ada perbedaan puasa orang Muslim dengan lainnya adalah adanya sahur. Sebagaimana orang-orang yang berpuasa sebelum kita, tapi ada perbedaannya, terletak pada sahurnya.

Tapi, dalam hal ini mendahulukan yang sunah. Sahur kan sunah, habis sahur dia tidur. Jangan tidur, tunggu waktu subuhnya. Bahkan di waktu sahur itu adalah waktu yang berkah.

Tapi gimana kalau ketiduran? Kembali lagi tidak ada masalah, nggak usah dipersoalkan. langsung salat pada saat tersadar, langsung salat pada saat terbangun. meskipun itu sudah jam 7 pagi. Tapi niatnya harus menqadha.



Simak Video "Ibunda Chairul Tanjung dalam Kenangan Ustaz Maulana "
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT