Kata Ustaz: Nasihat untuk Crazy Rich, Allah Bisa Ambil Semuanya Seketika!

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 11 Mar 2022 06:00 WIB
Ustaz Adi Hidayat
Ustaz Adi Hidayat menyampaikan nasihat dan hal yang harus diwaspadai oleh para Crazy Rich.Foto: dok. Adi Hidayat Official
Jakarta -

Indra Kenz dan Doni Salmanan, siapa sangka sosok yang disebut Crazy Rich itu nasibnya seketika berubah. Saat semua keindahan dunia sudah di tangan, seketika semuanya terancam hilang.

Melihat kasus Indra Kenz dan Doni Salmanan, Kata Ustaz melansir nasihat dari Ustaz Adi Hidayat teruntuk para Sultan dan Crazy Rich dalam channel YouTube pribadinya.

Ustaz Adi Hidayat mengingatkan jangan sampai keindahan dunia membuat para Crazy Rich dan Sultan terlena dan lupa. Hati-hati!

Berikut penjelasan lengkap Ustaz Adi Hidayat:

Masyaallah setiap kita akan merasa bahagia, bangga, senang luar biasa, tatkala kita bisa mendapati fasilitas dunia yang memberikan kemudahan untuk menjalani seluruh aktivitas. Memang fitrahnya manusia cenderung untuk mendapatkan segala kebahagiaan bahkan boleh jadi kemewahan yang bisa terjadi.

Demikian Allah sampaikan dalam Al Quran surat 3, Ali Imran ayat ke-14:

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَاۤءِ وَالْبَنِيْنَ وَالْقَنَاطِيْرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْاَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَاللّٰهُ عِنْدَهٗ حُسْنُ الْمَاٰبِ

Sungguh dihiasi kehidupan manusia itu untuk mendapatkan berbagai macam keindahan, kenyamanan berkehidupan, bahkan kemewahan-kemewahan, diantaranya mereka mencari kenyamanan dalam berkeluarga, mendapatkan pasangan yang terbaik, punya keturunan-keturunan yang sehat, yang cerdas, yang menyenangkan bagi keluarga. Begitupun demikian harta benda yang melimpah.

Kata Allah semua itu adalah kenikmatan, kesenangan dunia. Namun, jangan salah Allah SWT memberikan satu arahan, petunjuk yang sekiranya bisa mempermudah kita bisa kembali kepada Allah dengan kemuliaan, kebahagiaan yang lebih membahagiakan lagi, serta capaian-capaian yang lebih unggul dibandingkan dengan apa yang diraih dalam kehidupan dunia.

Alhamdulillah kalau ada orang yang mendapatkan harta yang cukup banyak, sehingga mendapatkan peluang-peluang untuk beramal saleh, itu yang terbaik. Zaman Nabi banyak crazy rich, crazy rich yang kayanya kebangetan. Mereka jadikan itu mencarikan kemuliaan akhirat. Tidak meninggalkan dunia, dunia mereka dapat, mereka dapat apa yang orang bilang kemewahan. Kemewahannya punya nilai, kemewahannya punya arah. Kemewahannya punya esensi untuk meraih keberkahan Allah SWT.

Jadi dunianya didapat, akhiratnya pun melimpah untuknya. Maka kita suka berdoa dalam surat Al Baqarah ayat 201:

وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Di antara mereka manusia itu selalu ada yang memohon kepada Allah untuk mendapat kemuliaan-kemuliaan dunia, kebaikan-kebaikan dunia. Dunia dapat tapi untuk yang baik, mensejahterakan, memakmurkan, menghadirkan maslahat, meningkatkan ibadah. Itu semua melahirkan bekal-bekal terbaik untuk pulang.

Bila Anda kaya kekayaan itu bermanfaat, melahirkan maslahat dan jadikan Anda terhormat di mata Allah SWT.

Kalau Anda punya ilmu, ilmu itu dihadirkan untuk melahirkan berbagai hal yang bermanfaat, mencerahkan kehidupan manusia, melahirkan segala hal yang berkemajuan dan juga diniatkan beribadah kepada Allah.

Di halaman selanjutnya, hati-hati para Crazy Rich dengan perilaku seperti ini!