ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: Nasihat Jangan Menikah Beda Agama

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 08 Mar 2022 06:00 WIB
Buya Yahya
Buya Yahya beri nasihat untuk tidak menikah beda agama. Foto: dok. Capture Al Bahjah TV
Jakarta -

Viral sebuah video di TikTok pernikahan seorang perempuan berhijab dan pria di sebuah gereja. Pasangan asal Semarang itu melakukan pernikahan beda agama.

Achmad Nurcholis bertindak sebagai konselor pernikahan itu. Pemberkatan nikah dilakukan di Gereja St. Ignatius Krapyak. Pasangan itu menikah beda agama dan tetap memegang kepercayaan masing-masing tanpa ada yang berpindah.

Achmad Nurcholis adalah sosok yang kerap menjadi jembatan perkawinan beda agama. Nurcholis merupakan aktivis Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP).

Di dunia artis juga cukup banyak nama yang menikah beda agama.

Kata Ustaz kali ini akan menyoroti pernikahan beda agama. Dilansir dari channel YouTube pribadinya, Al Bahjah TV, Buya Yahya memberikan nasihat soal pernikahan beda agama.

Berikut nasihat lengkap Buya Yahya soal menikah beda agama:

Nasihat umum kepada siapapun apakah Anda seorang laki-laki muslim, atau Anda wanita muslimah. Jika ada orang di luar jalur agamamu non muslim atau non muslimah dan dia berjanji akan masuk Islam jangan mau. Sebab agama itu keyakinan di dalam hati.

Kalau yakin hari ini, nanti juga yakin. Kalau hari ini nggak yakin, nanti juga nggak yakin. Jadi gini, kalau sudah yakin Islam benar kenapa tidak bersyahadat hari ini? Ini menunjukkan orang kebohongan di dalam hatinya. Kalau dia itu nanti kalau nikah saya akan masuk Islam. Masuk Islamnya hanya karena mau nikah. Jangan dituruti.

Biarpun Anda laki-laki mau menikah dengan perempuan seorang non muslim jangan mau kecuali dia betul-betul masuk Islam. Ini masal depannya panjang. Kami imbau juga kepada kaum Kristiani dan yang lainnya, hendaknya menikah dengan orang seagama agar lebih mudah harmonisnya.

Jadi orang Kristen menikah dengan orang Kristen agar ke gereja sama-sama. Kalau perlu kelompok gerejanya kan juga ada beda-beda, cari yang sama.

Kami nasihati juga kalau Anda Kristen Protestan, Kristen Katolik, hendaknya Anda semua yang sama. Gurunya juga yang sama supaya mudah untuk menasihatkannya.

Jadi nggak perlu orang Nasrani berangan-angan menikah dengan orang muslim, repot nanti menyesuaikannya, yang satu pergi ke masjid yang satu pergi ke gereja nggak enak.

Maka ini nasihat umum demi kebahagiaan. Anda seorang muslim menikahlah dengan wanita muslimah. Permasalahannya karena senang dulu, wah ini repot jadi lupa Allah akhirnya.

hai siapa yang bisa menjamin umur mu panjang? Jangan main-main urusan begini. Apalagi seorang wanita jangan mudah dengan laki-laki yang ingin pindah agama gara-gara menikah ini bisa berpindah-pindah.

Kecuali masuk Islam dulu, sudah terbukti kiprahnya dalamnya Islam, salatnya, hebat kalian membawa mereka ke situ. Sudah terbukti mereka melakukan itu. Jadi jangan mudah.

Alangkah banyaknya orang berbohong di sini, ingin masuk Islam hanya karena ingin menikah. Setelah menikah bubar Islamnya.

Ingat, agamamu itu mahal. Keindahan akan terwujud dengan kepatuhan kepada Allah dan kepatuhan kepada orang tua.



Simak Video "Anak Farida Nurhan Ngaku Hamil, Ternyata Cuma Prank!"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT