ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: Berkaca pada Khadijah

Desi Puspasari - detikHot
Rabu, 09 Mar 2022 06:00 WIB
Suami Kartika Putri
Habib Usman bin Yahya memberikan nasihat untuk para wanita pekerja berkaca kepada Khadijah. Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Selamat Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day. Sosok wanita masa kini banyak yang memperlihatkan kemandirian dan kemampuannya menopang kehidupan.

Di masa sekarang banyak wanita yang juga berkecimpung dalam pekerjaan yang beragam. Indonesia sudah pernah dipimpin oleh persiden perempuan, yakni Megawati Soekarno Putri.

Pekerjaan perempuan masa kini tidak cuma sebagai ibu rumah tangga. Belakangan sosok Letda Pnb. Ajeng Tresna Dwi Wijayanti, S.T. Han. merupakan Perwira pertama TNI Angkatan Udara dan seorang penerbang pesawat tempur perempuan pertama dari TNI Angkatan Udara.

Ada juga Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati masuk dalam jajaran wanita paling berpengaruh di dunia.

Melihat kemandirian dan kemampuan wanita yang luar biasa, Kata Ustaz mengingatkan kepada semua wanita dengan sosok istri Rasulullah SAW, yaitu Khadijah.

Habib Usman bin Yahya dilansir dari Islam itu Indah menjelaskan bagaimana sosok Khadijah yang kaya raya dan mandiri, tetap tidk melupakan kodratnya sebagai wanita dan istri.

Berikut penjelasan lengkap Habib Usman bin Yahya:

Khoirunnisa iha Khadijah

Sebaik-baiknya wanita, wanita yang terbaik adalah Khadijah. Walaupun ada wanita-wanita terakhir lain yang terbaik, Sayyidatun Fatimah, Sayyidatun Aisyah, Sayyidatun Mariam. Mereka adalah contoh di mana wanita-wanita pilihan Allah SWT menjadi wanita yang terbaik.

Kita tahu, Khadijah sebelum menikah adalah seorang pedagang. Pedagang yang handal, pedagang yang sukses, pedagang yang berhasil, pedagang yang hebat di masanya. Khadijah memiliki karyawan yang banyak bahkan dia memiliki barang dagangan yang banyak ketimbang pedagang-pedagang yang lain, yakni pada kaum pembesar quraish yang memiliki dagangan mereka yang musafir, mereka berangkat, melakukan perdagangan. Khadijah mempunyai barang dagangan yang banyak. Masyaallah SWT yang telah memberikan keberkahan pada Khadijah mendampingi Rasulullah SAW.

Allah SWT memberikan keberkahan pada Khadijah, sehingga Allah SWT memberikan kemuliaan kepada Khadijah ternyata mendampingi Rasulullah SAW dan sudah ditetapkan oleh Allah SWT adalah wanita pilihan Allah SWT yang mendampingi Baginda Nabi Muhammad SAW.

Menunjuki kemandiriannya, memiliki harta yang banyak, memiliki sebuah niat yang kuat mencari rezekinya yang halal dan berkah.

Itulah yang dilakukan mereka wanita-wanita pilihan Allah SWT. Tapi, ingat ketika mereka mempunyai posisi yang tinggi, mempunyai rezeki yang banyak, wanita-wanita di manapun berada tetap kedudukannya mengikutilah Khadijah.

Ketika Khadijah menikah dengan Rasulullah SAW dia memposisikan sebagai istri yang salihah, bertakwa kepada Allah SWT, melayani suaminya dengan sebaik-baiknya.

Ketika bekerja (wanita) jagalah auratnya, jaga adabnya, jaga tingkah lakunya, perbuatannya, jangan menjadikan merendahkan dirinya sampai menyenggol-nyenggol, sentuhan, dan lain sebagainya. Atau bahkan karena duitnya banyak menjadi wanita yang sombong maka (bisa) merendahkan suaminya.

Akhirnya apa? Ribut dengan suaminya. Semandiri-mandirinya wanita tetap wanita membutuhkan laki-laki.



Simak Video "Manajer BCL Ajukan Rehabilitasi Usai Terjerat Kasus Narkoba"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT