ADVERTISEMENT

Round Up

Anak Yusuf Mansur Bicara Soal Didikan Keras Sang Ayah

Tim detikcom - detikHot
Senin, 28 Feb 2022 05:30 WIB
Wirda Mansur
(Foto: Instagram @wirda_mansur) Wirda Mansur mengisyaratkan bahwa sosok Yusuf Mansur merupakan orang di balik usahanya mengenyam pendidikan di banyak negara selama ini.
Jakarta -

Wirda Mansur baru-baru ini melakukan sesi kilas balik di media sosial. Dia mengunggah ulang jawaban-jawaban yang pernah diberikan lewat ask.fm. Salah satu pertanyaan yang saat itu mampir kepadanya adalah soal membahagiakan orang tua.

Wirda Mansur mengelaborasi jawaban dari pertanyaan itu. Dalam tulisannya, dia mengisyaratkan bahwa sosok Yusuf Mansur merupakan orang di balik usahanya mengenyam pendidikan di banyak negara selama ini. Perempuan berhijab itu juga mengaku bahwa didikan ayahnya cukup keras.

"Mungkin karena gue anak pertama ya, tanggung jawabnya lebih besar. Adik gue 4, yang mimpin Daarul Qur'an kelak juga gue. Jadi udah apa ya, disiapin gitulah intinya. Berat banget bener dah. Di antara 4 adik gue, gue yang paling, paling keras dididiknya. Mau dikirim ke penjara lah, ditempatin dari satu pesantren ke pesantren lainnya, sekolah di satu negara ke negara lain. Gitu mele. Lah adek-adek gue mana mau begitu," kata Wirda Mansur dalam jawaban ask.fm yang ditulis beberapa tahun lalu itu.

Diakui olehnya juga kala itu bahwa Yusuf Mansur menaruh harapan besar kepadanya. Sehingga dia pun merasa punya tanggung jawab terlebih sebagai anak sulung.

Wirda Mansur mengakui dirinya sempat merasa keberatan atas harapan-harapan dan keinginan ayahnya. Namun dia kemudian memutuskan untuk menjalani semuanya.

Jawaban panjang Wirda Mansur itu dibeberkannya ketika seorang penggemar bertanya kepada Wirda terkait orang tua.

"Orang tuamu selalu banggaain kamu lo. Di setiap ceramahnya mesti ada Wirda. Bahagia ya, nyenengin ortu gitu. Aku kapan?"

Yang kemudian dijawab Wirda Mansur cukup panjang:

"Iya I know. Di buku-buku bokap juga banyak banget nyeritain gue. Nama gue selalu disebut-sebut sama bokap anywhere everywhere. Sampai-sampai orang-orang tuh pada bilang, ustaz anaknya kan lima kenapa Wirda doang yang sering disebut? Kasihan sama adik-adiknya Wirda, Wirda mulu yang disebut.

That's what I said. Bokap gue naruh harapan yang besar banget sama gue. Dan jujur aja sih, sebenarnya gue agak keberatan juga karena saking besarnya harapan papa, hafal 30 juz lah, inilah, itulah. Tapi alhamdulillah dijalani saja," tutupnya.

Wirda Mansur belakangan mencuri perhatian karena dirinya dituding berbohong soal latar belakang pendidikannya. Dia juga sempat disebut-sebut mau dijodohkan dengan putra Syekh Ali Jaber beberapa waktu lalu.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT