ADVERTISEMENT

Round Up

Wirda Mansur Jadi Sorotan Karena Icip-icip Pendidikan Berbagai Negara

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 24 Feb 2022 22:02 WIB
Gaya Busana Muslim Wirda Mansur
Wirda Mansur Jadi Sorotan Karena Icip-icip Pendidikan Berbagai Negara. (Foto: Instagram @wirda_mansur)
Jakarta -

Wirda Mansur mendadak menghebohkan publik. Putri ustaz Yusuf Mansur itu dituding berbohong soal pendidikan.

Hal itu bermula dari seorang netizen dengan akun Twitter @strawbeelly membuat status menghebohkan tentang Wirda Mansur.

"Sorry I have to say this, Wirda Mansur is totally a liar. Di Linkedin nulis kuliah di Oxford, di highlight qna beda lagi, dan faktanya kuliah di univ bapaknya dewe," cuit akun @strawbeelly.

Sampai akhirnya Wirda Mansur buka suara soal tudingan netizen mengenai status pendidikannya di Universitas Oxford dan Universitas Buckingham di Inggris.

Perempuan kelahiran 29 November 2001 itu dituduh melakukan pembohongan publik tentang latar belakang pendidikannya. Usai viral, ia membuat klarifikasi

"Halo semuanya, jadi di sini gue mau meluruskan yang lagi viral belakangan ini. Gue juga nggak ngerti kok bisa gitu saja viral. It's okay, I'm very open to you, jadi gue mau meluruskan semuanya," buka Wirda Mansur, seperti dilihat detikcom.

Klarifikasi pertama yang dilontarkan Wirda Mansur mengenai tuduhan kuliah di tiga kampus. Dia membantah kabar tersebut namun kebenarannya adalah kuliah di empat kampus.

"Jadi gini ya banyak yang bilang, katanya gue kuliah di tiga kampus. Iya itu bohong, tapi sebenarnya bukan tiga, tapi empat say. Jadi kayaknya kalau mereka tahu kalau gue kuliah di empat, wah kayaknya mereka bakal bisa," sambungnya sembari tertawa.

Wirda Mansur pun menjelaskan awal permasalahan latar belakang pendidikannya. Pada 2017, dia mengaku mengambil International Baccalaureate (IB) di Universitas Oxford, tapi tidak sampai selesai.

Lalu Wirda Mansur pulang ke Indonesia. Di situ, ia mencoba daftar di kampus lainnya yakni Raffles University.

Wirda Mansur pun memberikan bukti kepada para pengikutnya dengan jadwal mata kuliah yang diambilnya sampai tiga semester. "Habis itu gue out," katanya.

Pada 2018, dia pun mengambil gap year atau cuti dan memutuskan rehat sejenak selama setahun. Kemudian, mendaftar lagi di The University of Buckingham atau UoB di Inggris.

"Ini jadwal (kuliah). Ambil jurusan Business Enterprise. Di samping itu, ambil double degree di Institut Daarul Qur'an Jakarta jurusan Ilmu Hadis. Jadi ambil di UK (Inggris) dan di sini," tegas Wirda Mansur.

Dia pun berharap kepada netizen yang kepo dengan kuliahnya, klarifikasi tersebut bisa menjawab rasa penasaran dan tidak lagi membuat ghibah.

"Yang penting doain sajalah, dan sekarang gue lagi cuti (kuliah)," jawabnya.

Lalu dalam highlight tanya jawab yang dibuatkan sorotan dalam Instagram pribadi Wirda Mansur, ada seorang netizen yang bertanya tentang S1 dan jurusan yang diambilnya. Wirda pun menjawab mengambil jurusan Business Enterprise di The University of Buckingham (UoB).

"S1 di UoB, jurusan Business Enterprise, S2 beloman shay, doakeun ya semoga sampe ke S2, dst," tulis Wirda Mansur.

Wirda Mansur ternyata sosok yang suka icip-icip pendidikan di berbagai negara. Ia sempat merekap riwayat pendidikan dan disimpan di Highlight Instagram.

"Gue TK-SD di Daarul Qur'an (sekola sendiri) wkwk. SMP di Jordan, lahlu kelas 8-9 nyambung di Amerika tapi gak selesai, ikut paket di Indo. Lahlu SMA di Inggris, cuma bentar aja icip2. Ikut paket lagi di Indo. Gt ceritanya," tulisnya.

(mau/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT