ADVERTISEMENT

Wirda Mansur Klarifikasi Tuduhan Pembohongan Publik Gegara Kuliah di Oxford

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 24 Feb 2022 07:35 WIB
Jakarta -

Wirda Mansur akhirnya buka suara soal tudingan netizen mengenai status pendidikannya di Universitas Oxford dan Universitas Buckingham di Inggris. Gara-gara tuduhan tersebut, namanya kembali menjadi sorotan.

Perempuan kelahiran 29 November 2001 dituduh melakukan pembohongan publik tentang latar belakang pendidikannya. Usai viral, putri ustaz Yusuf Mansur itu mengklarifikasinya.

"Halo semuanya, jadi di sini gue mau meluruskan yang lagi viral belakangan ini. Gue juga nggak ngerti kok bisa gitu aja viral. Its okay, I'm very open to you, jadi gue mau meluruskan semuanya," buka Wirda Mansur, seperti dilihat detikcom.

Klarifikasi pertama yang dilontarkan Wirda Mansur mengenai tuduhan kuliah di tiga kampus. Dia membantah kabar tersebut namun kebenarannya adalah kuliah di empat kampus.

"Jadi gini ya banyak yang bilang, katanya gue kuliah di tiga kampus. Iya itu bohong, tapi sebenarnya bukan tiga tapi empat say. Jadi kayaknya kalau mereka tahu kalau gue kuliah di empat, wah kayaknya mereka bakal bisa..," sambungnya sembari tertawa.

Wirda Mansur pun menjelaskan awal permasalahan latar belakang pendidikannya. Pada 2017, dia mengaku mengambil International Baccalaureate (IB) di Universitas Oxford tapi tidak sampai selesai, lalu pulang ke Indonesia, dan mencoba daftar di kampus lainnya yakni Raffles University.

Dia pun mencoba memberikan bukti kepada para pengikutnya dengan jadwal mata kuliah yang diambilnya sampai tiga semester. "Abis itu gue out," katanya.

Pada 2018, dia pun mengambil gap year atau cuti dan memutuskan rehat sejenak selama setahun. Kemudian, mendaftar lagi di The University of Buckingham atau UoB di Inggris.

"Ini jadwal (kuliah). Ambil jurusan Business Enterprise. Di samping itu, ambil double degree di Institut Daarul Qur'an Jakarta jurusan Ilmu Hadis.

"Jadi ambil di UK (Inggris) dan di sini," tegas Wirda Mansur.

(Baca halaman berikutnya)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT