Rayakan Ulang Tahun ke-73, Jaya Suprana Gelar Pertunjukan Musik

Mauludi Rismoyo - detikHot
Minggu, 30 Jan 2022 08:07 WIB
jaya suprana
Rayakan Ulang Tahun ke-73, Jaya Suprana Gelar Pertunjukan Musik. (Foto: dokumen pribadi)
Jakarta -

Merayakan hari ulang tahun ke-73 yang jatuh pada Kamis (27/1/2022) lalu, seniman ternama Jaya Suprana menggelar konser musik dari berbagai etnik di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ). Acara itu turut dihadiri oleh para toko-tokoh nasional.

Gelaran pertunjukan musik bertemakan '73 Tahun Cinta Indonesia' ini sendiri sebenarnya adalah inisiasi dari para tokoh dan musisi yang juga sahabat sang budayawan multitalenta dalam memberikan kado. Sekaligus mengapresiasi atas apa yang sudah Jaya Suprana sumbangkan demi Tanah Air.

"Saya berterima kasih kepada saudara-saudara yang menyempatkan waktu di tengah badai Omicron. Mari kita saksikan pertunjukan musik yang dikreasi para pemusik profesional yang akan menampilkan penafsiran dan pengolahan mereka masing-masing terhadap lagu Indonesia," ujar Jaya.

Pertunjukan itu berisikan sebuah persembahan berbagai interpretasi lagu Indonesia hasil komposisi Jaya Suprana dari berbagai jenis genre musik, mulai dari piano klasik, gitar, jazz, orkes keroncong sampai musik jalanan. Lalu ada tarian dan paduan suara.

Setiap karya yang ditampilkan dalam pagelaran musik ini pun memiliki karakteristik masing-masing dalam membawakan lagu Indonesia.

Keindahan nusantara yang diusut melalui berbagai lintas karya seni dalam karya lagu Indonesia ini pun menjadi sebuah perlambang dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Bahkan terdapat penampilan musik yang disajikan oleh para musisi tunanetra yang sangat mahir memainkan piano, sehingga menambah cita rasa keberagaman di dalam pertunjukan.

Terdapat beberapa tokoh dan musisi yang ikut memeriahkan acara tersebut, seperti Jubing Kristianto, Ninok Leksono, Eros Djarot, Marsekal (Purn) Cheppy Hakim, Bedhayan Tembang Alit, Michael Anthony, Levi Gunardi, Jan Miro Balara Pletscher, Ana Sophie Jelita Pletscher, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, tokoh nasional seperti Mahfud MD selaku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia serta panglima TNI Gatot Nurmantyo pun juga ikut hadir dalam acara tersebut.

(mau/aay)