Reaksi Beragam dari Permintaan Maaf Arteria Dahlan

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Kamis, 20 Jan 2022 15:42 WIB
Biografi Arteria Dahlan mulai dicari tahu publik usai namanya terlibat dalam kontroversi. Untuk mengenal sosoknya, bagaimana biografi Arteria Dahlan?
Foto: Wilda Hayatun Nufus/detikcom
Jakarta -

Arteria Dahlan akhirnya menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat Jawa Barat khususnya Sunda. Hal ini pun diposting oleh Ridwan Kamil dalam Instagram miliknya.

Ridwan Kamil menyambut senang dengan permintaan maaf Arteria Dahlan.

"Alhamdulillah, beliau siang ini sudah menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat Sunda. Mari silih asah, asih, asuh, silih wawangi. Hidup damai, penuh dengan rasa toleransi dan saling memahami adalah jati diri kita. Semoga menjadi hikmah kepada kita semua yang hidup dalam Negeri indah Bhineka Tunggal Ika ini. Hatur Nuhun," tulis Ridwan Kamil dalam Instagram miliknya.

Postingan Ridwan Kamil itu mendapatkan respons dari beberapa elemen masyarakat dan juga selebriti.

"Semoga beliau sendiri yg klarifikasi pa Gub," ungkap Manshur Praditya.

"Ke gateway beli bakwan ke jardin beli cakue, mari semua kita maafkan tapi lamun kajadian deui awas wee........#KAMILelahbertengkar," tutur Eko.

"geus ah ulah dibaturan si eta mah," tutur Sinyorita.

"DIMAAFKAN SIH IYA, TAPI KALO LUPA SIHH TIDAK," jelas akun lainnya.

Sebelumnya banyak pihak yang meminta Arteria Dahlan untuk meminta maaf atas apa yang sudah dilakukan. Salah satunya adalah Fonda Tangguh yang merupakan Ketua Umum Sahabat Polisi.

Salah satu pose Fonda TangguhSalah satu pose Fonda Tangguh Foto: ist.

Ia sempat mendesak Arteria Dahlan untuk meminta maaf. Fonda menyebut Arteria sudah bersikap rasis dengan melarang orang bicara berbahasa Sunda.

"Saya minta Arteria minta maaf. Sebagai orang Sunda, saya tidak terima sikap Arteria yang rasis," kata dia dalam keterangan tertulis.

"Saya tak paham apa maksud Arteria ini. Masa orang jadi bermasalah dan lalu dicopot hanya gara-gara ngomong pakai bahasa Sunda," ujarnya lagi.

Fonda juga mengingatkan agar Arteria Dahlan menjaga etikanya sebagai anggota DPR RI.

Sebelumnya ada juga Epy Kusnandar yang memberikan kritikan nyeleneh mengenai apa yang dilakukan Arteria Dahlan ini.

Cara Epy Kusnandar mengomentari usulan Arteria Dahlan unik. Bintang sinetron dan film itu, justru ingin mencari guru bahasa Sunda untuk Arteria Dahlan.

"Mencari Guru Basa Sunda. Untuk memberi pelajaran pada Pak #arteriadahlan," tulis Epy Kusnandar dalam Instagramnya.

Simak Video 'Arteria ke Masyarakat Sunda: Maaf, Tidak Ada Maksud untuk Rasis':

[Gambas:Video 20detik]




(wes/pus)