Alasan Nyeleneh Epy Kusnandar Cari Guru Bahasa Sunda untuk Arteria Dahlan

Desi Puspasari - detikHot
Kamis, 20 Jan 2022 13:25 WIB
Monolog Epy Kusnandar
Epy Kusnandar ingin carikan Arteria Dahlan guru bahasa Sunda. Foto: Gus Mun/ detikHOT
Jakarta -

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP, Arteria Dahlan mendapat banyak kecaman karena mengusulkan untuk copot Kajati yang bicara pakai bahasa Sunda saat rapat. Termasuk dari komedian dan seniman Sunda, Epy Kusnandar.

Cara Epy Kusnandar mengomentari usulan Arteria Dahlan unik. Bintang sinetron dan film itu, justru ingin mencari guru bahasa Sunda untuk Arteria Dahlan.

"Mencari Guru Bahasa Sunda. Untuk memberi pelajaran pada Pak #arteriadahlan," tulis Epy Kusnandar dalam Instagramnya dilihat, Kamis (20/1/2022).

Epy Kusnandar dalam unggahannya terlihat sedang bicara dengan seseorang menggunakan ponselnya. Epy Kusnandar menjelaskan alasan dirinya ingin mencarikan guru bahasa Sunda agar Arteria Dahlan tidak lagi merasa takut mendengar orang bicara bahasa Sunda.

"Untuk menghindari perang antar suku dan bikin malu bangsa Indonesia. Tolong cariin guru bahasa Sunda. Suruh Pak Arteria Dahlan itu les bahasa Sunda dari dasar," ucap Epy Kusnandar.

Epy Kusnandar ingin Arteria Dahlan bisa mengerti bahasa Sunda. Hal itu agar Arteria Dahlan tahu ada pihak-pihak yang sampai ingin menyantet dan mengirimkan teluh kepadanya.

"Supaya dia tidak takut orang ngomong bahasa Sunda. Daripada seluruh orang Sunda ngomong bahasa Sunda, maki-maki pakai bahasa Sunda yang tidak dimengerti Pak Arteria Dahlan. Ada yang mau nyantet, teluh, mendingan supaya ketakutannya hilang dan jadi lemah lembut, someah, tidak arogan," tuturnya.

"Cari saja guru bahasa Sunda ya. Ibu Sopiah ada tuh guru SD saya," tukas Epy Kusnandar mengakhiri pembicaraannya melalui ponsel.

Unggahan Epy Kusnandar itu mendapat tepuk tangan dari Susan Sameh. banyak juga yang mendukung masukkan dari Epy Kusnandar untuk mencarikan Arteria Dahlan guru bahasa Sunda.

[Gambas:Instagram]



"Orang Sunda Mah Hiji Ge Maung #savesunda #sundangahiji," tulis akun nana***.

"Hidup urang Sunda," kata akun gita**.

"Sekalian aksara sundanya kang mus, ha na ca ra ka da sa wa la," komentar akun bu***.

"Guru na kudu langsung s3 bahasa sunda lulusan universitas belanda kang," kata akun ipu***.

Simak Video 'Gelombang Protes Kepada Arteria Dahlan Gegara 'Kajati Bicara Sunda':

[Gambas:Video 20detik]



(pus/wes)