Rising Star

Cosplayer Pr Pitaloka Buka-bukaan, Gaji Sebulan Rp 30 Juta Bikin Netizen Curiga

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Kamis, 23 Des 2021 09:35 WIB
Sosok Princess Pitaloka atau yang dikenal sebagai Pr Pitaloka sudah tak asing lagi di dunia cosplay Tanah Air. Penghasilannya pun terbilang fantastis.
(Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom) Sosok Princess Pitaloka atau yang dikenal sebagai Pr Pitaloka sudah tak asing lagi di dunia cosplay Tanah Air. Penghasilannya pun terbilang fantastis.
Jakarta -

Sosok Princess Pitaloka atau yang dikenal sebagai Pr Pitaloka sudah tak asing lagi di dunia cosplay Tanah Air. Hobi yang digeluti perempuan asal Bogor itu rupanya sangat menguntungkan. Dia mengaku mengantongi Rp 25 juta hingga Rp 30 juta per bulan.

Hal itu diakui oleh Pr Pitaloka dalam sebuah wawancara dengan detikcom. Penghasilan sejumlah itu didapatkannya dari berbagai hal tidak hanya dari cosplay, tapi juga dari endorsement dan streaming game.

"Paling kecil Rp 25 juta sebulan, standarnya Rp 30 juta, stabilnya (sampe saat ini) masih dapet Rp 30 juta. Dulu mah Rp 500 ribu juga gue ambil," kata Pr Pitaloka, saat berbincang kepada detikcom di Kebun Raya Bogor, Rabu (22/12/2021).

Sebelumnya Pitaloka akui sempat bekerja di bidang perhotelan dengan penghasilan Rp 8 hingga Rp 9 jutaan. Namun lantaran dunia cosplay lebih menguntungkan, dia memilih resign dan fokus kepada hobi yang dibayar tersebut.

"Hobi yang dibayar, menguntungkan. Justru gue pernah kerja ngantor dapet Rp 8-9 juta. Akhirnya berhenti. Buat apa gue capek-capek kerja kalo hobi gue bisa menghasilkan Rp 30 juta, ngapain capek-cepek ngabisin waktu 8 jam pusing mikirin kerjaan," bebernya.

"Dulu (kerja) di perhotelan, bagian reservasi. 4-5 tahun itu gue jalanin hobi sambil ngantor. Sampe ketika si hobi gue sudah menghasilkan 2 digit (bayaran di atas Rp 10 juta), yang gue tinggalin kerjaan," ungkapnya lagi.

Dari penghasilan itu, Pitaloka sudah mampu membeli mobil sendiri. Bahkan dia dapat merakit PC untuk gaming seharga puluhan juta Rupiah. Kedepannya dia ingin memiliki rumah sendiri dan upgrade mobil.

"Lumayan sih dari pendapatan gue udah beli mobil sendiri, dari PC gaming gue rakit sendiri, spek cakep Rp 20 juta ke atas, kalo sama LCD-nya monitor. Pengen beli rumah sama upgrade mobil pengennya. Kalo mobilnya keren, kerja jadi semangat, ya nggak?" ungkapnya.

Meski Pitaloka sebagai cosplayer berada di jalan mulus yang menghasilkan, dia juga sempat mendapat nyinyiran hingga digoda netizen. Dia pun sempat disangka sebagai perempuan simpanan.

"Banyak netizen (berpikir begitu). Kan kita di sosmed harus tiap hari upload, jadi kan keseharian hidup gue kaya lagi makan, yang netizen tahu gue nggak kerja. Duit dari mana? Gitu kan otomatis (mereka mikir) 'oh peliharaan om om open BO ya'. Kalo open BO, penghasilan gue sampe 2 digit ya kan. Sering di DM, 'ya bangga dapet duit dari om om' . Padahal gue berjuang dari 2016 sekarang 2021 ibaratnya kan udah berapa tahun," paparnya.

Namun Pitaloka enggan menanggapi hal itu terlalu serius. Bahkan dia bersikap masa bodoh.

"Nggak pernah gue bales, bodo amat, gue bukan seorang yang sensitif, jadi yaudah dibaca aja. Terserah netizen mau bilang apa," imbuhnya.

Untungnya pekerjaan yang dilakukan Pitaloka juga sudah diketahui keluarga hingga tetangga.

"Udah pada tahu lingkungan keluarga. Soalnya mereka nyaksiin kerjaan gue di rumah," pungkasnya.

Lihat juga video 'PPKM Dikendurkan, Cosplayer di Bandung Kembali Raup Cuan':

[Gambas:Video 20detik]



(fbr/aay)