Dua Raja Bertemu! Rhoma Irama-Ahmad Albar, Rambut Kribo hingga Rocker Salat

Desi Puspasari - detikHot
Sabtu, 13 Nov 2021 19:00 WIB
Rhoma Irama
Pertemuan Rhoma Irama dan Ahmad Albar. Foto: dok. Channel Rhoma Irama Official
Jakarta -

King of Rock duduk satu meja dengan King of Dangdut, itulah Ahmad Albar dan Rhoma Irama. Saat dua legenda musik Indonesia itu bertemu, banyak cerita seru dari mereka.

Sama-sama kelahiran tahun 1946, Ahmad Albar dan Rhoma Irama punya nama besar di industri musik Indonesia. Di usia 75 tahun keduanya masih sama-sama sehat dan bugar.

"Alhamdulillah masih segar, masih sehat ya. Kita bersyukur ya," ucap Ahmad Albar dilansir dari Bisikan Rhoma dalam channel YouTube Rhoma Irama Official, Sabtu (13/11/2021).

Rhoma Irama menceritakan pertama kali dirinya mengenal seorang Ahmad Albar. Saat itu, Ahmad Albar yang tergabung dalam band Clover Leaf, punya ciri khas rambut kribo.

Di mana, pria Indonesia yang berambut kribo saat itu hanya Ahmad Albar. Ahmad Albar juga teringat, rambutnya kala itu selebar tampah.

"Saya lihat poster ada Clover Leaf dari Belanda di situ saya lihat. Wah nih siapa? Ahmad Albar, rambut kribo, bunder," cerita Rhoma Irama.

"Saat itu kribo di Indonesia belum ada. Kita lihatnya sesuatu yang luar biasa," lanjutnya.

Ahmad Albar pun menceritakan asal muasal rambut kribonya pada masa itu. Kala itu Ahmad Albar tinggal di Belanda pada 1965.

"Saya berangkat ke negeri Belanda saat itu tahun '65 dan mulai manjangin rambut itu karena lingkungan di sana anak band dan pengaruh dari Bob Dylan. Orang pertama yang rambutnya disasak bentuk kribo," cerita Ahmad Albar.

Namun, Ahmad Albar menegaskan rambut kribonya saat itu asli dan bukan hasil sasakan. Ayah dari aktor Fachri Albar itu menceritakan Bob Dylan yang jadi inspirasinya.

Meski merasa aneh awalnya, Ahmad Albar melihat Bob Dylan adalah sosok yang berani tampil beda.

"Awalnya memang aneh, kita lihat berani banget. Tapi lama-lama terbiasa dan akhirnya dia jadi inspirasi pemusik-pemusik dunia lainnya," tutur pria yang juga kerap dipanggil Iyek itu.

Ahmad Albar menceritakan semenjak munculnya tampilan rambut Bob Dylan yang beda, mulai banyak musisi dunia yang juga tampil seperti itu. Dia menyebutkan, di antaranya Jimi Hendrix hingga Michael Jackson era Jackson Five.

Di halaman selanjutnya, bicara soal dangdut dan rock yang pernah berseteru



Simak Video "Rhoma Irama Sampaikan Keluh Kesah Para Seniman Musik"
[Gambas:Video 20detik]