Jatuh Bangun Bisnis Diana Puspita saat Pandemi Corona

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Jumat, 05 Nov 2021 20:42 WIB
Diana Puspita
Cerita Diana Puspita jatuh bangun bisnis saat Pandemi. Foto: ist.
Jakarta -

Pandemi Corona hingga saat ini memang belum selesai. Nyaris seluruh sektor terkena dampak dari Pandemi Corona ini. Begitu juga dengan bisnis yang dibangun Diana Puspita.

Pemain film Habibie & Ainun ini menceritakan bagaimana bangkit dari keterpurukan dalam mempertahankan bisnisnya saat Pandemi Corona.

Terlebih saat PPKM, Diana Puspita merasakan kepedihan di mana omsetnya yang merosot. Tapi ia pun berusaha bertahan dari gempuran Pandemi dan segala keterbatasannya. Diana Puspita mempertahankan Living Room, bisnis kopi yang sudah dibangunnya satu tahun lalu.

"Satu tahun Living Room nggak terasa ya, waktu berjalan begitu cepat. Menangis (saat PPKM), tapi ya dengan adanya perayaan satu tahun ini mengingatkan saya sebagai pemilik bisnis. Karena menjual kopi, saya merasa seperti mengingatkan betapa kuatnya tim kami selama PPKM," tutur Diana Puspita saat ditemui di kedai kopi usahanya, Living Room Coffeehouse di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Lantas apa saja tantangan saat Pandemi Corona untuk bisnis kopinya ini? Ia mengatakan banyak faktor yang menjadi tantangan, salah satunya adalah sumber daya manusianya.

"Banyak banget tantangannya. Selain PPKM, banyak (karyawan) yang sakit juga. Alhamdulillahnya, ketika saya tahu banyak pelanggan yang menanti kami buka, jadi kayak menguatkan saya dan tim untuk terus berjuang. Walau tersandung-sandung, tapi ingat tujuan kami," tuturnya lagi.

Bahkan Diana Puspita juga rela merogoh koceknya sendiri untuk menggaji karyawannya saat itu. Itu dilakukan demi semua tetap bertahan saat gempuran Pandemi Corona.

"Iya (gaji pakai tabungan), untuk pajak juga (pakai uang pribadi). Tapi, kami tetap semangat untuk bertahan," jelasnya lagi.

"Saat Pandemi Corona semua pakai online. Kita pun harus menyesuaikan diri dengan standar yang ada. Banyak yang berubah, dari menu makanan dan minuman," tuturnya lagi.

Meski sempat berdarah-darah dalam menjalankan bisnisnya ini, Diana Puspita memiliki rencana untuk membuka cabang baru.

"Pengin punya cabang kedua sih meski Pandemi Corona tetap harus buka cabang dan buka lapangan kerja baru. Terus bisa membuat pelanggan yang mau coba bisa lebih dekat ke daerah mereka. Rencananya (mau buka cabang) di Tangerang Selatan, karena banyak banget pecinta kopi di sana. Mohon doanya, mudah-mudahan bisa terwujud," ungkap Diana Puspita.

Diana Puspita pun berbagi beberapa menu andalan di Living Room Coffeehousenya antaranya adalah Tante Dee Ice Coffee, Fibe Klepon Koffie dan Chizzu Speculoos Koffie.



Simak Video "Muncul Penyakit Menular, Ahli Nilai Aspek Kesehatan Belum Ditingkatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/dal)