Tukul Masih Bisa Kenali Orang Usai Operasi Pendarahan Otak, Kini Fokus Terapi Ini

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Selasa, 26 Okt 2021 10:06 WIB
Jakarta -

Sudah lebih dari sebulan usai operasi pendarahan Tukul Arwana. Kondisi komedian disebut makin membaik.

Tukul Arwana kini diminta dokter menjalani beberapa terapi. Salah satunya terapi wicara.

"Seperti yang saya katakan, ini sudah dari satu bulan lebih pascaoperasi dari tanggal 22 September sekarang 25 Oktober, jadi hampir 1 bulan. Untuk saat ini kita fokus fisioterapi, seperti yang saya pernah sampaikan fisioterapi itu ada 3 jadi fisioterapi, okupasi dan wicara, jadi memang bener-bener kita fokus ke situ," ujar manajer Tukul, Rizky Kimon.

Rizky menjelaskan alasan Tukul Arwana terapi wicara. Sebab Tukul masih sulit bicara.

"Dia bergumam sepatah dua patah kata bisa. Misal apa ya, ya pelan, vokal juga belum ini, tapi kita paham apa yang dia mau sampein sih," tutur Rizky Kimon.

Tukul Arwana diminta dokter untuk semangat terus agar pulih lebih cepat. Menurut dokter, kunci kesembuhan Tukul ialah hal tersebut.

"Iya, alhamdulillah dari dokter memang ada progres yang baiklah untuk Mas Tukul, kayak tadi semangat beliau itu membuat progres beliau makin lama makin membaik, hari ke hari membaik. Beda kalau nggak semangat, kalau beliau nggak semangat pasti akan seperti itu, stuck. Jadi, semangatnya Mas Tukul adalah kunci kesembuhannya beliau dan alhamdulillah Mas Tukul selalu semangat," kata Rizky Kimon.

Sementara, untuk mengenali orang, Tukul Arwana masih sangat bisa menghapal usai operasi pendarahan otak. Bahkan Tukul disebut langsung tertawa kalau melihat teman kecilnya.

"Bisa, sangat bisa mengenali bahkan Mas Ari sahabatnya dari kecil sudah langsung kalau ketemu, Mas Tukul ketawa-tawa pasti," kata Rizky Kimon.

Sampai saat ini, Tukul Arwana masih belum bisa dijenguk oleh orang banyak. Ada alasan mengapa hal tersebut terjadi.

"Karena kalau boleh jenguk satu, semua pasti jenguk. Kita juga nggak enak jadinya kalau pilih-pilih kesannya. Ya untuk saat ini karena beliau rekannya banyak, teman-temannya, dan teman-teman media juga banyak, pasti pengin, tapi saat ini belum bisa karena kita masih mengantisipasi karena adanya pandemi ini, jadi kita mengikuti protokol kesehatan," ujar Rizky Kimon.

Rizky terus memohon doa untuk kesembuhan Tukul Arwana. Ia tahu aksi sang artis sangat dinantikan banyak orang.

"Kita sih minta doanya agar Mas Tukul aktif kembali, semangat lagi menyapa teman-teman semua ya gitu sih," pungkasnya.

(mau/nu2)