Round Up

Kondisi Terkini Tukul Arwana yang Tak Lagi di Ruang ICU

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 01 Okt 2021 22:22 WIB
Tukul Arwana saat ditemui di Studio Hitam-Putih
(Foto: Ismail/detikHOT) Manajer Tukul Arwana menjelaskan kondisi terkini dari sang komedian. Tukul kini sudah tidak lagi dirawat di ruang ICU.
Jakarta -

Tukul Arwana selama beberapa hari terakhir menjadi sorotan lantaran mengalami pendarahan otak. Kini kondisinya sudah lebih baik dan tidak lagi dirawat di ruang ICU. Begini kondisi terakhir dari sang komedian.

Pada Jumat (1/10/2021), manajer Tukul Arwana yaitu Rizky Kimon memberikan penjelasan soal kabar terkini dari pembawa acara talkshow malam tersebut. Setelah menjalani operasi dan dirawat untuk dipantau tim medis di ICU, kini Tukul Arwana sudah dipindahkan ke ruang rawat inap.

"Sudah berangsur-angsur membaik," kata Rizky Kimon soal kondisi Tukul Arwana saat proses pemindahan dari ruang ICU ke ruang rawat inap.

Sayangnya hingga kini Tukul Arwana masih tidak bisa dijenguk. Dijelaskan pula manajernya bahwa Tukul Arwana masih diharuskan untuk beristrirahat total demi pemulihan yang maksimal.

Selama 14 hari ke depan, Tukul Arwana tidak boleh ditengok dan masih harus melakukan perawatan intensif. Yang pasti saat ini kerabat dan keluarga cukup lega mengetahui bahwa Tukul Arwana pelan-pelan pulih pascaoperasi.

"Untuk saat ini, malam ini lagi proses perpindahan ruang icu ke VVIP. Jadi alhamdulillah karena kondisi beliau semakin membaik jadi sudah diperbolehkan sama dokter ke ruang rawat inap VIP," ujar Rizky Kimon lagi.

Saat masih berada di ruang ICU, perkembangan kondisi Tukul Arwana pascaoperasi juga terbilang baik. Dia sudah bisa merespons perintah dan bisa menggerakkan beberapa bagian anggota tubuhnya seperti tangan dan kaki.

Rizky Kimon juga memberitahukan bahwa Tukul Arwana telah bisa bergumam. Ketika diperiksa oleh dokter dia pun sudah memberikan respons.

Tukul Arwana mengalami pendarahan otak hingga harus dioperasi pada Rabu, 22 September 2021. Hal itu terjadi disebut karena tekanan darah tinggi (hipertensi) yang dialaminya. Sosok yang akrab dengan kalimat "tak sobek-sobek" itu menjadi perhatian masyarakat ketika dirinya dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) di kawasan Cawang, Jakarta Timur.

Tukul ArwanaTukul Arwana Foto: dok instagram

(Penjelasan dokter soal kondisi Tukul Arwana di halaman selanjutnya)