Akun Media Sosial Langganan Beritakan Hoax Artis Meninggal

Tim detikHOT - detikHot
Rabu, 22 Sep 2021 06:30 WIB
Ilustrasi hoax or not
Binin resah akun-akun media sosial yang kerap buat hoax berita artis Foto: Ilustrasi oleh Andhika Akbarayansyah/detikcom
Jakarta -

Beberapa artis jadi korban hoax media sosial yang semata-mata dibuat hanya demi konten dan klik. Thumbnail dan judul video dibuat berbeda dengan isi konten.

Hoax terbaru yang ramai dibicarakan adalah soal kabar meninggalnya Ivan Gunawan. Ivan Gunawan memperlihatkan capture thumbnail channel YouTube bernama Bahas Seleb.

Thumbnail channel Youtube tersebut memperlihatkan gabungan foto Ivan Gunawan, makam, dan Ayu Ting Ting. Tertulis 'INNALILAHI WA INNA ILAHI ROJI,UN KABAR DUK4 DATANG DARI IVAN GUNAWAN KEPERGIANNYA MENDADAK< MASIH TAK PERCAYA SUMPAH ENGGAK MENYANGKA SECEPAT INI..??'.

Sedangkan judul videonya dibuat 'INNA LILAHI, Ivan Gunawan "Tak Menyangka Secepat Itu" Semoga Khusnul Khotimah..??'.

Ada juga channel YouTube Sensasi Seleb yang juga mengabarkan soal Ivan Gunawan. Judul video dalam channel YouTube itu diberi judul 'Inna Lillahi Wainna Ilahi Raji'un, "Ivan Gunawan" Tidak Disangka Begitu Cepat Kepergiannya'.

Berita hoax Ivan Gunawan meninggal duniaBerita hoax Ivan Gunawan meninggal dunia Foto: dok. Instagram Ivan Gunawan

Setelah detikcom coba membuka channel YouTube tersebut tidak ada video Ivan Gunawan. Namun, judul-judul video pada konten-kontennya mengundang persepsi negatif dengan judul-judulnya. Bahkan channel YouTube Bahas Seleb tidak ada lagi. Di duga akun tersebut berganti nama.

Ada juga Nathalie Holscher, istri Sule juga jadi korban hoax. Beredar capture channel YouTube RASF UPDATE yang memuat video berjudul 'Video Syur 20 Detik,! Nathalie Holscher Sudah 4x Di Obok-Obok Oleh Manajernya'.

Bahkan di thumbnail videonya tertulis 'Sudah 4x Di Obok-Obok Oleh Panji Di Dalam Kamar, Nathalie Holscher Minta Maaf ke SULE'.

Thumbnail video tersebut memperlihat foto Sule, Panji Komara dan Nathalie Holscher sebelum berhijab. Dj Katty Butterfly juga pernah mengunggah thumbnail judul video tersebut karena marah, Nathalie Holscher dan manajernya digosipkan selingkuh.

Saat ditonton, isi video tersebut sangat berbeda dengan judulnya. Bahkan sama sekali tidak memberitakan hall seperti yang diungkapkan di judulnya.

Nathalie Holscher dituding selingkuh dengan manajer sendiriNathalie Holscher dituding selingkuh dengan manajer sendiri Foto: Instagram Nathalie Holscher

Video itu hanya berisikan tentang unggahan Instagram Stories milik Nathalie Holscher yang dituding berselingkuh dengan Panji Komara. Selain itu, dalam video itu juga dimuat soal ungkapan Sule yang membantah adanya hubungan spesial antara Nathalie Holscher dengan Panji Komara yang juga merupakan manajernya.

Saat ini, video dan channel YouTube RASF UPDATE sudah menghilang. Banyak orang yang sudah mengadukan akun tersebut dan menjadi kehilangan kepercayaan pada kanal YouTube tersebut.

Di halaman selanjutnya, Ruben Onsu dan Wendy Cagur diberitakan hoax soal meninggal dunia di Facebook dan TikTok

Selain Ivan Gunawan, Ruben Onsu juga pernah diberitakan meninggal dunia karena unggahan Facebook. Tersebar foto capture akun Facebook Bali Online menuliskan keterangan 'Innalillai Wainnalillahi Rajiun! Kabar Duka Ruben Onsu Meninggal Dunia, Akibat Kecelakaan Maut'.

Kabar itu juga menyebar di akun-akun gosip.Pada kenyataannya, Ruben Onsu kepada detikcom menegaskan itu adalah hoax.

"Jadi itu berita bohong. Bingung aku juga jawabnya. Kalau aku ya jawab ke teman-teman dekat saja dengan telepon balik mereka dan memastikan aku baik-baik saja. Padahal aku di rumah saja, instastory juga aktif," kata Ruben Onsu kepada detikcom.

Berita-berita seperti itu tetap saja ada yang membuat keluarganya percaya.

"Iya ada yang nangis-nangis. Ya aku bilang ini kan akunya langsung, bukan arwah," cerita Ruben Onsu.

Begitu juga dengan Wendy Cagur yang ramai diberitakan meninggal dunia di TikTok dan Facebook. Kabar hoax itu juga sampai ke telinga sang komedian.

"Assalamualaikum, ramai berbedar di Toktok dan Facebook kalau gue dikabarkan meninggal dunia, Alhamdulillah gue masih sehat. Gue doakan yang bikin berita sehat-sehat selalu," tegas Wendy Cagur soal kabar hoax meninggal.



Simak Video " Ivan Gunawan Jadi Korban Berita Hoax Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)