6 Tips Merawat Body Piercing ala Niyo Nano Band

Desi Puspasari - detikHot
Selasa, 24 Agu 2021 14:25 WIB
Niyo Nano Band bagikan 6 tips merawat body piercing agar tidak infeksi
Niyo bagikan 6 tips merawat body piercing agar tidak infeksi Foto: dok. Pribadi Niy Nano Band
Jakarta -

Niyo Nano Band kini juga merembet dunia bisnis. Aktivitas sebagai musisi berkurang karena pandemi COVID-19, Niyo jadi punya banyak waktu untuk fokus pada bisnis body piercing.

Vokalis Nano Band itu menunjukkan ketertarikannya pada dunia body piercing. Niyo mengulas sedikit soal tindik atau piercing yang kini tidak cuma di kuping.

Berbagi pengetahuan soal body piercing, Niyo mengingatkan pentingnya merawat tindikan itu agar tidak terjadi infeksi.

"Bila kamu salah merawat tindikan malah bisa menyebabkan iritasi, infeksi atau luka," ucap Niyo sebagai pemilik Piercing Indonesia.

Niyo membagikan 6 tips menjaga dan merawat tindikan agar tidak terjadi infeksi.

Jangan Sentuh Tindikan

Jangan sekali-kali menyentuh tindikan kamu atau membiarkan orang lain menyentuhnya. Apalagi dengan tangan kotor. Kuman yang menempel pada gagang pintu toilet bisa berpindah ke telinga kamu melalui sentuhan tangan.

Hindari Tekanan Pada Luka Tindik

Hindari gesekan atau tekanan pada luka tindik dalam bentuk apa pun. Gesekan dan tekanan ini bisa berasal dari pemakaian helm full face, pemakaian headphone, atau tidur pada posisi menindih tindikan baru. Beri ruang supaya tindikan kamu dapat bernapas dengan baik.

Jangan Mengganti atau Melepas Perhiasan Sebelum Waktunya

Mengganti dan melepas perhiasan dalam kondisi belum sembuh dapat mengakibatkan trauma pada luka tindik dan berpotensi menutup lubang tindikan. Untuk tindikan apa pun tunggu minimal enam minggu atau lebih lama sampai bisa mengganti perhiasannya.

Jangan Merendam Tindikan di Kolam Air

Hindari merendam tindikan di kolam air yang tidak higienis seperti danau, kolam renang, dan pemandian air panas umum. Tempat-tempat seperti ini merupakan sarang bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi pada luka tindik kamu yang belum sembuh.

Hindari Pembersihan Secara Berlebihan

Membersihkan luka tindik secara berlebihan justru dapat menunda penyembuhan dan membuat iritasi tindikan kamu. Cukup bersihkan luka tindik dua kali sehari. Gunakan air hangat bersih atau pembersih luka tindik yang disarankan oleh penindik kamu.

Hidup Sehat

Semakin sehat gaya hidup kamu, semakin mudah dan cepat tindik kamu untuk sembuh. Hindari minum alkohol dan merokok. Tidur yang cukup dan makan makanan bergizi. Pastikan tempat tidur selalu dalam keadaan bersih, cuci dan ganti sprey serta sarung bantal secara teratur.



Simak Video "Sukses Bisnis Mukena, Masayu Anastasia Belum Siap Berhijab"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)